Show simple item record

dc.contributor.authorANNA WIDAYANI
dc.date.accessioned2013-12-12T15:30:12Z
dc.date.available2013-12-12T15:30:12Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210301002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8713
dc.description.abstractRendahnya pemahaman dan keterampilan siswa pada mata pelajaran akuntansi salah satunya dikarenakan penerapan metode yang masih konvensional, untuk itu penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer akuntansi program excel sangatlah diperlukan. Penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer akuntansi program excel diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki pemahaman dan keterampilan yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan proses penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer program excel dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Arjasa semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa. 2) Meningkatkan pemahaman siswa melalui penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer program excel pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Arjasa semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa. 3) Meningkatkan keterampilan siswa melalui penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer program excel pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1. vii Arjasa semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Arjasa Kab. Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman yang dilihat dari Nilai rata-rata tes siswa pada siklus I yaitu 74 ketuntasan klasikal 82% meningkat pada siklus II yaitu 82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% dan keterampilan siswa dari siklus I sebesar 2,2 (sedang) menjadi 2,7(tinggi) pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi akuntansi program excel dapat meingkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi SMA Negeri 1 Arjasa dapat dijadikan sebagai alternatif metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa terhadap suatu materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301002;
dc.subjectPemahaman Siswa, Keterampilan Siswa, Metode Tugas Terstruktur, Media Aplikasi Komputer Akuntansi Program Excel, Standar Kompetensi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasaen_US
dc.titlePENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MEDIA APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PROGRAM EXCELen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record