PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MEDIA APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PROGRAM EXCEL
Abstract
Rendahnya pemahaman dan keterampilan siswa pada mata pelajaran
akuntansi salah satunya dikarenakan penerapan metode yang masih konvensional,
untuk itu penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer
akuntansi program excel sangatlah diperlukan. Penerapan metode tugas terstruktur
dengan media aplikasi komputer akuntansi program excel diharapkan dapat
membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa
memiliki pemahaman dan keterampilan yang tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi antara guru
dan peneliti yang bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan proses penerapan metode
tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer program excel dapat
meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa pada mata pelajaran akuntansi
kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Arjasa semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada
standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa. 2) Meningkatkan
pemahaman siswa melalui penerapan metode tugas terstruktur dengan media
aplikasi komputer program excel pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2
SMA Negeri 1 Arjasa semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada standar
kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa. 3) Meningkatkan keterampilan
siswa melalui penerapan metode tugas terstruktur dengan media aplikasi komputer
program excel pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1.
vii
Arjasa semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada standar kompetensi siklus
akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri
1 Arjasa Kab. Jember. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode
pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini
menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang
diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman yang dilihat
dari Nilai rata-rata tes siswa pada siklus I yaitu 74 ketuntasan klasikal 82%
meningkat pada siklus II yaitu 82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% dan
keterampilan siswa dari siklus I sebesar 2,2 (sedang) menjadi 2,7(tinggi) pada
siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode tugas terstruktur
dengan media aplikasi akuntansi program excel dapat meingkatkan pemahaman
dan keterampilan siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi SMA
Negeri 1 Arjasa dapat dijadikan sebagai alternatif metode dan media pembelajaran
yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa
terhadap suatu materi yang diajarkan.