dc.description.abstract | Kebutuhan masyarakat akan pendidikan semakain meningkat, sedang daya
tampung pendidikan formal sangat terbatas. Menghadapi permasalahan tersebut
pendidikan luar sekolah hadir menjembatani kesenjangan-kesenjangan itu dalam
bentuk kursus. Menghadapi keadaan yang demikian diharapkan anak-anak tidak
tergantung pada pendidikan sekolah. Adanya keinginan pada mereka yang dilandasi
dengan kebutuhan siswa dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar.
Minat adalah gejala kejiwaan yang dapat berupa keadaan atau juga berupa
sikap dimana kesadaran dipusatkan dan diarahkan pada suatu obyek tertentu adalah
tingkah laku dalam belajar yang akhirnya menimbulkan aktivitas-aktivitas pada
peserta kursus, pada dasarnya seorang siswa akan menaruh minat belajar terhadap
sesuatu materi karena didorong oleh keinginanya. Dari keinginannya tersebut akan
menggerakan siswa atau anak didik untuk melakukan aktivitas yang mendukung dari
kegiatan-kegiatan yang diinginkannya. Aktivitas adalah suatu bentuk kegiatan yang
dilakukan agar terjadi perubahan pada tingkah laku dan kecakapan seseorang. Dengan
adanya minat diharapkan peserta kursus lebih berkeinginan untuk melakukan
aktivitas-aktivitas belajar.
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui adakah
hubungan antara minat belajar dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris
pada Denny’s Bunch di Kabupaten Lumajang Tahun 2012. Tujuan khususnya adalah
untuk mengetahui adakah hubungan antara minat belajar karena pengaruh faktor internal dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris pada Denny’s Bunch
dan untuk mengetahui adakah hubungan antara minat belajar karena pengaruh faktor
eksternal dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris pada Denny’s Bunch.
Manfaat dari penelitian ini adalah disamping untuk mengaplikasikan ilmu yang ada
juga agar masyarakat lebih mengerti akan arti pentingnya pendidikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode angket, observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan tehnik analisis Korelasi Product Moment. Hasil
analisis data yang ditunjukan melalui tabel Product Moment. Hasil analisis data
pertama diperoleh r statistik sebesar 0,641 yang ternyata lebih besar dari tabel yaitu
N=60 dengan taraf signifikan 5%=0,254. Ini berarti hasilnya signifikan, dengan
demikian berarti hipotesis nihilnya ditolak dan menerima hipotesis alternatifnya.
Hasil analisis data kedua diperoleh r statistik sebesar 0,588 yang ternyata lebih besar
dari tabel. Ini berarti hasilnya signifikan, dengan demikian berarti hipotesis nihilnya
ditolak dan menerima hipotesis alternatifnya. Hasil analisis data ketiga diperoleh r
statistik sebesar 0.704 yan ternyata lebih besar dari tabel yaitu N= 60 dengan taraf
signifikan 5%=0,254. Ini berarti hasilnya signifikan, dengan demikian berarti
hipotesis nihilya ditolak dan menerima hipotesis alternatifnya.
Kesimpulan akhir yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah hubungan
yang signifikan antara minat belajar dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa
inggris pada Denny’s Bunch di Kabupaten Lumajang Tahun 2012.
Saran-saran Bagi pendidik Lembaga Kursus bahasa Inggris Denny’s Bunch
hendaknya dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar para peserta
tersebut rajin dalam mengikuti kursus bahasa inggris di Lembaga Kursus Denny’s
Bunch Kabupaten Lumajang dan lembaga kursus bahasa Inggris Denny’s Bunch perlu
melakukan proses seleksi didalam proses rekrutmen peserta didik sehingga
mendapatkan peserta sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan persyaratan yang
telah ditentukan. | en_US |