• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA KURSUS BAHASA INGGRIS PADA DENNY’S BUNCH DI KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Shinta B. Z. Dhelila_01.pdf (292.0Kb)
    Date
    2013-08-27
    Author
    SHINTA BELLA ZUNY DHELILA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kebutuhan masyarakat akan pendidikan semakain meningkat, sedang daya tampung pendidikan formal sangat terbatas. Menghadapi permasalahan tersebut pendidikan luar sekolah hadir menjembatani kesenjangan-kesenjangan itu dalam bentuk kursus. Menghadapi keadaan yang demikian diharapkan anak-anak tidak tergantung pada pendidikan sekolah. Adanya keinginan pada mereka yang dilandasi dengan kebutuhan siswa dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar. Minat adalah gejala kejiwaan yang dapat berupa keadaan atau juga berupa sikap dimana kesadaran dipusatkan dan diarahkan pada suatu obyek tertentu adalah tingkah laku dalam belajar yang akhirnya menimbulkan aktivitas-aktivitas pada peserta kursus, pada dasarnya seorang siswa akan menaruh minat belajar terhadap sesuatu materi karena didorong oleh keinginanya. Dari keinginannya tersebut akan menggerakan siswa atau anak didik untuk melakukan aktivitas yang mendukung dari kegiatan-kegiatan yang diinginkannya. Aktivitas adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan agar terjadi perubahan pada tingkah laku dan kecakapan seseorang. Dengan adanya minat diharapkan peserta kursus lebih berkeinginan untuk melakukan aktivitas-aktivitas belajar. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui adakah hubungan antara minat belajar dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris pada Denny’s Bunch di Kabupaten Lumajang Tahun 2012. Tujuan khususnya adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara minat belajar karena pengaruh faktor internal dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris pada Denny’s Bunch dan untuk mengetahui adakah hubungan antara minat belajar karena pengaruh faktor eksternal dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris pada Denny’s Bunch. Manfaat dari penelitian ini adalah disamping untuk mengaplikasikan ilmu yang ada juga agar masyarakat lebih mengerti akan arti pentingnya pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik analisis Korelasi Product Moment. Hasil analisis data yang ditunjukan melalui tabel Product Moment. Hasil analisis data pertama diperoleh r statistik sebesar 0,641 yang ternyata lebih besar dari tabel yaitu N=60 dengan taraf signifikan 5%=0,254. Ini berarti hasilnya signifikan, dengan demikian berarti hipotesis nihilnya ditolak dan menerima hipotesis alternatifnya. Hasil analisis data kedua diperoleh r statistik sebesar 0,588 yang ternyata lebih besar dari tabel. Ini berarti hasilnya signifikan, dengan demikian berarti hipotesis nihilnya ditolak dan menerima hipotesis alternatifnya. Hasil analisis data ketiga diperoleh r statistik sebesar 0.704 yan ternyata lebih besar dari tabel yaitu N= 60 dengan taraf signifikan 5%=0,254. Ini berarti hasilnya signifikan, dengan demikian berarti hipotesis nihilya ditolak dan menerima hipotesis alternatifnya. Kesimpulan akhir yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris pada Denny’s Bunch di Kabupaten Lumajang Tahun 2012. Saran-saran Bagi pendidik Lembaga Kursus bahasa Inggris Denny’s Bunch hendaknya dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar para peserta tersebut rajin dalam mengikuti kursus bahasa inggris di Lembaga Kursus Denny’s Bunch Kabupaten Lumajang dan lembaga kursus bahasa Inggris Denny’s Bunch perlu melakukan proses seleksi didalam proses rekrutmen peserta didik sehingga mendapatkan peserta sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/870
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository