Show simple item record

dc.contributor.authorYulinda Ramirezi
dc.date.accessioned2013-12-12T14:57:25Z
dc.date.available2013-12-12T14:57:25Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210402024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8705
dc.description.abstractKeberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa factor. Factorfaktor tersebut antara lain yaitu berupa perencanaan, perangkat, dan performansi. Guru yang telah melakukan persiapan pembelajaran dengan baik bukan jaminan pembelajaran akan aktif. Membaca puisi dibutuhkan sebuah pendekatan yang tepat dan salah satu pendekatan itu adalah pendekatan emotif. Setelah melakukan observasi awal diperoleh data bahwa kemampuan membaca puisi siswa SMPN 2 Gedeg Mojokerto, khususnya kelas VIIC dinilai kurang. Karena saat pembelajaran, guru meminta beberapa siswa kelas VIIC maju membaca puisi “Surat dari Ibu” secara individu, mereka tampak tidak tertarik sama sekali. Dalam membaca puisi suara siswa kurang keras, sehingga tidak didengar oleh sebagian siswa, khususnya siswa yang duduk pada deret paling belakang. Hal tersebut menyebabkan siswa yang tidak mendengarkan temannya membaca puisi tampak sibuk mengobrol dengan teman yang lainnya. Selain itu, kurangnya kemampuan siswa dalam membaca puisi tampak dari kurang penghayatan siswa dalam membaca puisi. Misalnya, saat siswa membaca puisi “Surat dari Ibu” pada kalimat “Jika banyangan telah pudar” siswa membaca sambil tertawa sendiri. Hal ini menunjukkan kurangnya penghayatan siswa. Selain itu, ada pula masalah pelafalan dimana siswa kurang jelas melafalkan sebuah kata. Ada beberapa siswa yang kurang lancar melafalkan beberapa kalimat yang terdapat pada puisi yang berjudul “Surat dari Ibu”. Permasalahan yang muncul dengan adanya latar belakang tersebut, yaitu bagaimana proses tingkat keberhasilan siswa kelas VIIC SMPN 2 Gedeg Mojokerto dalam membaca puisi melalui pendekatan emotif, dan bagaimanakah penerapan pendekatan emotif untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VIIC SMPN 2 Gedeg Mojokerto. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini mencakup: (1) pengertian puisi, (2) membaca puisi, (3) teknik membaca puisi, (4) emosi, (5) pendekatan emotif, (6) penerapan pendektan emotif dalam pembelajaran membaca puisi, dan (7) hipotesis. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, jenis penelitian tindakan kelas ini adalah terpadu yaitu lebih memfokuskan pada teori dengan cara mengikutsertakan praktisi (guru) untuk berpartisipasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari siklus I dan siklus II, hal tersebut dilakukan untuk memperoleh data yang menunjukkan sukses atau tidaknya tindakan tersebut di SMPN 2 Gedeg Mojokerto. Hasil dan pembahasan penelitian ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan membaca puisi siswa. Pada kegiatan prasiklus hanya 2 siswa yang tuntas dalam membaca puisi sedangkan sisanya siswa cenderung malu dan enggan untuk membaca puisi. Pada siklus I guru menggunakan rekaman audio visual untuk merangsang emosi siswa. Pada siklus ini terjadi peningkatan, awalnya hanya 2 siswa yang tuntas dalam membaca puisi, dan pada siklus II ini ada 29 siswa yang tuntas membaca puisi. Pada siklus II guru menggunakan rekaman video agar siswa lebih mengenal berbagai ekspresi dan hasilnya 35 siswa berhasil tuntas membaca puisi dengan benar. Peningkatan membaca puisi siswa tersebut terjadi karena adanya rangsangan emosi dengan menggunakan rekaman video yang berhubungan dengan tema puisi. Kesimpulannya, kemampuan membaca puisi siwa kelas VII SMPN 2 Gedeg Mojokerto meningkat setelah guru menerapkan pendekatan emotif. Saran bagi guru bahasa Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran keterampilan membaca puisi untuk siswa SMP kelas VIIC.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402024;
dc.subjectmembaca puisi, pendekatan emotifen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN EMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS VII C SMPN 2 GEDEG MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record