• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN EMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS VII C SMPN 2 GEDEG MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Yulinda Ramirezi - 080210402024 (2)_1.pdf (77.26Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Yulinda Ramirezi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa factor. Factorfaktor tersebut antara lain yaitu berupa perencanaan, perangkat, dan performansi. Guru yang telah melakukan persiapan pembelajaran dengan baik bukan jaminan pembelajaran akan aktif. Membaca puisi dibutuhkan sebuah pendekatan yang tepat dan salah satu pendekatan itu adalah pendekatan emotif. Setelah melakukan observasi awal diperoleh data bahwa kemampuan membaca puisi siswa SMPN 2 Gedeg Mojokerto, khususnya kelas VIIC dinilai kurang. Karena saat pembelajaran, guru meminta beberapa siswa kelas VIIC maju membaca puisi “Surat dari Ibu” secara individu, mereka tampak tidak tertarik sama sekali. Dalam membaca puisi suara siswa kurang keras, sehingga tidak didengar oleh sebagian siswa, khususnya siswa yang duduk pada deret paling belakang. Hal tersebut menyebabkan siswa yang tidak mendengarkan temannya membaca puisi tampak sibuk mengobrol dengan teman yang lainnya. Selain itu, kurangnya kemampuan siswa dalam membaca puisi tampak dari kurang penghayatan siswa dalam membaca puisi. Misalnya, saat siswa membaca puisi “Surat dari Ibu” pada kalimat “Jika banyangan telah pudar” siswa membaca sambil tertawa sendiri. Hal ini menunjukkan kurangnya penghayatan siswa. Selain itu, ada pula masalah pelafalan dimana siswa kurang jelas melafalkan sebuah kata. Ada beberapa siswa yang kurang lancar melafalkan beberapa kalimat yang terdapat pada puisi yang berjudul “Surat dari Ibu”. Permasalahan yang muncul dengan adanya latar belakang tersebut, yaitu bagaimana proses tingkat keberhasilan siswa kelas VIIC SMPN 2 Gedeg Mojokerto dalam membaca puisi melalui pendekatan emotif, dan bagaimanakah penerapan pendekatan emotif untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VIIC SMPN 2 Gedeg Mojokerto. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini mencakup: (1) pengertian puisi, (2) membaca puisi, (3) teknik membaca puisi, (4) emosi, (5) pendekatan emotif, (6) penerapan pendektan emotif dalam pembelajaran membaca puisi, dan (7) hipotesis. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, jenis penelitian tindakan kelas ini adalah terpadu yaitu lebih memfokuskan pada teori dengan cara mengikutsertakan praktisi (guru) untuk berpartisipasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari siklus I dan siklus II, hal tersebut dilakukan untuk memperoleh data yang menunjukkan sukses atau tidaknya tindakan tersebut di SMPN 2 Gedeg Mojokerto. Hasil dan pembahasan penelitian ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan membaca puisi siswa. Pada kegiatan prasiklus hanya 2 siswa yang tuntas dalam membaca puisi sedangkan sisanya siswa cenderung malu dan enggan untuk membaca puisi. Pada siklus I guru menggunakan rekaman audio visual untuk merangsang emosi siswa. Pada siklus ini terjadi peningkatan, awalnya hanya 2 siswa yang tuntas dalam membaca puisi, dan pada siklus II ini ada 29 siswa yang tuntas membaca puisi. Pada siklus II guru menggunakan rekaman video agar siswa lebih mengenal berbagai ekspresi dan hasilnya 35 siswa berhasil tuntas membaca puisi dengan benar. Peningkatan membaca puisi siswa tersebut terjadi karena adanya rangsangan emosi dengan menggunakan rekaman video yang berhubungan dengan tema puisi. Kesimpulannya, kemampuan membaca puisi siwa kelas VII SMPN 2 Gedeg Mojokerto meningkat setelah guru menerapkan pendekatan emotif. Saran bagi guru bahasa Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran keterampilan membaca puisi untuk siswa SMP kelas VIIC.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8705
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository