Show simple item record

dc.contributor.authorYuaida Dwi Fatmawati
dc.date.accessioned2013-12-12T14:54:46Z
dc.date.available2013-12-12T14:54:46Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210402017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8704
dc.description.abstractMata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan penunjang bagi keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar bidang studi lainnya. Kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui pelajaran Bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun secara tulisan. Kemampuan lisan dan tulis tersebut tercermin dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara empat keterampilan tersebut, keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan yang bersifat reseptif aktif. Salah satu komponen bahasa yang dipelajari di dalam kegiatan membaca yaitu analisis struktur kalimat. Pemahaman struktur kalimat sangat diperlukan untuk melandasi kemampuan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam tahun ajaran 2011/2012 dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan frasa dan klausa. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) kemampuan siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan kategori frasa; (2) kemampuan siswa siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam dalam menganalisis pada kalimat tajuk rencana berdasarkan unsur fungsional klausa; dan (3) faktor yang melatarbelakangi kemampuan siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan kategori frasa dan unsur fungsional klausa. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 37 siswa. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 28 maret 2012. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Babussalam Desa Kalibening Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, angket,dan wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif yang digunakan untuk mendiskripsikan kemampuan siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan frasa dan klausa serta mendiskripsikan faktor yang menyebabkan kemampuan siswa dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan kategori frasa. Berdasarkan hasil penelitian, dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana baik berdasarkan kategori frasa maupun unsur fungsional klausa tergolong pada kategori kurang mampu. Hasil evaluasi belajar menunjukkan bahwa mayoritas siswa mendapat nilai dalam rentangan skor antara 40-55. Kemampuan siswa dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan kategori frasa dan unsur fungsional klausa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berkaitan dengan motivasi siswa dalam mengolah, menyimpan dan mempelajari kembali bahan ajar serta kebiasaan belajar yang kurang baik. Faktor eksternal berkaitan dengan sarana pembelajaran berupa buku bacaan/buku paket bahasa Indonesia dan prasarana pembelajaran berupa perpustakaan sekolah yang tidak meminjamkan buku paket bahasa Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam Mojoagung kurang mampu dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana baik berdasarkan kategori frasa maupun unsur fungsional klausa. Ketidakmampuan siswa tersebut disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah; (1) bagi mahasiswa FKIP, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semoga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya bidang sintaksis; (2) guru hendaknya mampu menjadi motivator sekaligus menjadi fasilitator bagi siswa-siswanya; dan (3) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan cara melakukan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402017;
dc.subjectKemampuan Menganalisis Kalimat, Tajuk Rencana, Frasa, Klausaen_US
dc.titleKEMAMPUAN MENGANALISIS KALIMAT PADA TAJUK RENCANA BERDASARKAN FRASA DAN KLAUSA SISWA KELAS XI IPS 2 MADRASAH ALIYAH BABUSSALAM MOJOAGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record