KEMAMPUAN MENGANALISIS KALIMAT PADA TAJUK RENCANA BERDASARKAN FRASA DAN KLAUSA SISWA KELAS XI IPS 2 MADRASAH ALIYAH BABUSSALAM MOJOAGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan penunjang bagi keberhasilan
proses kegiatan belajar mengajar bidang studi lainnya. Kemampuan siswa dalam
berbahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui pelajaran Bahasa Indonesia, baik
secara lisan maupun secara tulisan. Kemampuan lisan dan tulis tersebut tercermin
dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan
menulis. Di antara empat keterampilan tersebut, keterampilan membaca merupakan
salah satu keterampilan yang bersifat reseptif aktif. Salah satu komponen bahasa yang
dipelajari di dalam kegiatan membaca yaitu analisis struktur kalimat. Pemahaman
struktur kalimat sangat diperlukan untuk melandasi kemampuan berbahasa.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan siswa kelas XI IPS
2 Madrasah Aliyah Babussalam tahun ajaran 2011/2012 dalam menganalisis kalimat
pada tajuk rencana berdasarkan frasa dan klausa. Secara khusus, penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan; (1) kemampuan siswa kelas XI IPS 2 Madrasah
Aliyah Babussalam dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan
kategori frasa; (2) kemampuan siswa siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah
Babussalam dalam menganalisis pada kalimat tajuk rencana berdasarkan unsur
fungsional klausa; dan (3) faktor yang melatarbelakangi kemampuan siswa kelas XI
IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana
berdasarkan kategori frasa dan unsur fungsional klausa.
Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian siswa kelas XI IPS 2 yang
berjumlah 37 siswa. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik cluster
sampling. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 28 maret 2012. Penelitian
dilaksanakan di Madrasah Aliyah Babussalam Desa Kalibening Kecamatan
Mojoagung Kabupaten Jombang. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode observasi, tes, angket,dan wawancara. Analisis data
menggunakan metode deskriptif yang digunakan untuk mendiskripsikan kemampuan
siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Babussalam dalam menganalisis kalimat pada
tajuk rencana berdasarkan frasa dan klausa serta mendiskripsikan faktor yang
menyebabkan kemampuan siswa dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana
berdasarkan kategori frasa.
Berdasarkan hasil penelitian, dalam menganalisis kalimat pada tajuk rencana
baik berdasarkan kategori frasa maupun unsur fungsional klausa tergolong pada
kategori kurang mampu. Hasil evaluasi belajar menunjukkan bahwa mayoritas siswa
mendapat nilai dalam rentangan skor antara 40-55. Kemampuan siswa dalam
menganalisis kalimat pada tajuk rencana berdasarkan kategori frasa dan unsur
fungsional klausa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
berkaitan dengan motivasi siswa dalam mengolah, menyimpan dan mempelajari
kembali bahan ajar serta kebiasaan belajar yang kurang baik. Faktor eksternal
berkaitan dengan sarana pembelajaran berupa buku bacaan/buku paket bahasa
Indonesia dan prasarana pembelajaran berupa perpustakaan sekolah yang tidak
meminjamkan buku paket bahasa Indonesia.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah
Babussalam Mojoagung kurang mampu dalam menganalisis kalimat pada tajuk
rencana baik berdasarkan kategori frasa maupun unsur fungsional klausa.
Ketidakmampuan siswa tersebut disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah; (1) bagi mahasiswa
FKIP, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
semoga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan, khususnya bidang sintaksis; (2) guru hendaknya mampu menjadi
motivator sekaligus menjadi fasilitator bagi siswa-siswanya; dan (3) Bagi peneliti
selanjutnya, hasil penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan cara melakukan
perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).