• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Komparasi Pedagogical Content Knowledge (Pck) Pendidik Ips Indonesia (Sman 2 Jember) Dengan Thailand (Chinorotwittayalai School)

    Thumbnail
    View/Open
    Muh Hafid Afandi.pdf (922.0Kb)
    Date
    2018-08-14
    Author
    Afandi, Muhammad Hafid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Guru menjadi bagian penting dalam pendidikan, karena tugas utama guru/pendidik yakni mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Oleh karena itu profesionalisme pendidik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Profesionalisme pendidik dapat dikembangkan dengan meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. Human Development Index pada sub bagian Education Achievement pada tahun 2016 memaparkan mengenai indikator keberhasilan pendidikan menempatkan Thailand pada peringkat ke–87 dengan level high human development, dan Indonesia pada peringkat ke-113 dengan level medium human development. Perbedaan tersebut membuat peneliti tertarik untuk mengkaji kualitas pendidikan Indonesia dan Thailand. Penelitian ini fokus pada Pedagogical Content Knowledge pendidik Indonesia dengan pendidik Thailand yang dirumuskan oleh Shulman (1987). Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana Pedagogical Content Knowledge (PCK) pendidik IPS di Indonesia; (2) bagaimana Pedagogical Content Knowledge (PCK) pendidik IPS di Thailand; (3) adakah perbedaan Pedagogical Content Knowledge (PCK) antara pendidik IPS Indonesia dengan Thailand. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif, metode pengumpulan data yang menggunakan kuesioner tertutup dengan pertanyaan terbuka untuk mengkonfirmasi jawaban pendidik. Teori Pedagogical Content Knowledge yang digunakan adalah teori Shulman (1987
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87039
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository