• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema Cita Citaku Pada Siswa Kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Maysa Nur Ramadhani - 140210204022.pdf Sdh.pdf (6.968Mb)
    Date
    2018-08-14
    Author
    Ramadhani, Maysa Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil wawancara terhadap guru dan siswa kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi dalam pembelajaran pada tema Cita-Citaku bahwasanya materi yang diterapkan dengan menggunakan pendekatan saintifik hasilnya kurang maksimal. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti ingin memperbaiki pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi tahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tema cita-citaku SDN Setail 01 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil ini terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 39,66% pada siklus I meningkat sebesar 18,67% sehingga menjadi 58,33%. Siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,67% dari siklus I sehingga menjadi 77,00%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dari prasiklus yaitu sebesar 64,00%, kemudian menjadi 75,00% pada siklus I
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87032
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository