Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema Cita Citaku Pada Siswa Kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi
Abstract
Hasil wawancara terhadap guru dan siswa kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi dalam pembelajaran pada tema Cita-Citaku bahwasanya materi yang diterapkan dengan menggunakan pendekatan saintifik hasilnya kurang maksimal. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti ingin memperbaiki pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi tahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tema cita-citaku SDN Setail 01 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hasil ini terlihat dari persentase aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 39,66% pada siklus I meningkat sebesar 18,67% sehingga menjadi 58,33%. Siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,67% dari siklus I sehingga menjadi 77,00%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dari prasiklus yaitu sebesar 64,00%, kemudian menjadi 75,00% pada siklus I