Pembelajaran Momentum Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Soal dan Kartu Pintar
Date
2018-08-06Author
Handayani, Ninik
Prihandono, Trapsilo
Maryani, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar ranah kognitif dan mendeskripsikan aktivitas
belajar Siswa pada materi pembelajaran momentum dan Impuls di SMA dengan Model Problem
Based Learning Berbantuan media Kartu soal dan Kartu pintar. Penentuan Sampel menggunakan
teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X-3 di SMA Negeri 4
Jember. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.. Waktu Penelitian dilaksanakan pada semester genap
tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah One groups Pretest-Postest Design.
Untuk mengkaji Hasil belajar ranah kognitif dilakukan uji spss 24 dengan teknik analisis uji regresi
dan diperoleh nilai signifikansi 0,04 yang berarti terdapat pengaruh model Problem Based Learning
berbantuan media kartu soal dan kartu pintar terhadap ranah kognitif siswa pada pembelajaran
momentum dan Impuls. Penilaian Aktivitas Belajar siswa diperoleh dari observasi yang dilakukan
observer ketika pembelajaran berlangsung sesuai dengan indikator aktivitas belajar yang telah
ditentukan dan diperoleh rata-rata sebesar 86,39 % termasuk dalam kategori sangat aktif.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]