Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII Pada Materi Pokok Gelombang Cahaya Di SMA
Date
2018-08-06Author
Andriyani, Nur Fitriah
Prihandono, Trapsilo
Maryani, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala yang disebabkan siswa pasif pada proses
pembelajaran di kelas. Kurangnya minat siswa akan sangat berpengaruh pada keberhasilan
pembelajaran fisika. Selain itu, kurangnya perhatian guru terhadap keadaan kelas, yang hanya
mementingkan ceramah atau hanya menerangkan materi di depan kelas tanpa memikirkan
pemahaman konsep siswa membuat siswa kurang memahami konsep fisika secara utuh. Pemahaman
konsep adalah kemampuan menangkap pengertian - pengertian seperti mampu mengungkapkan suatu
materi yang disajikan ke dalam bentuk yang lebih dipahami (Translasi), mampu memberikan
interpretasi, dan mampu mengaplikasikannya (Ekstrapolasi). Pemahaman konsep sangat diperlukan
bagi siswa yang sudah mengalami proses belajar. Identifikasi pada penelitian ini merujuk pada tingkat
pemahaman konsep gelombang cahaya dengan menggunakan tes diagnostik tiga tahap. Tes diagnostik
digunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa dalam memahami konsep tertentu. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan tahapan pemahaman konsep yang dikuasi oleh siswa.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]