dc.description.abstract | Sistem pembelajaraan saat ini mengarah pada pembelajaran yang berpusat
pada peserta didik atau sering disebut dengan student centered learning.
Penerapan student centered learning salah satunya diwujudkan dalam bentuk
keterlibatan peserta didik atau disebut student engagement. Student engagement
memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar peserta didik dan kualitas
pendidikan. Penelitian ini akan berfokus pada mata pelajaran sejarah yang
memiliki beberapa permasalaha berkaitan dengan student engagement.
Berdasarkan penelitian sebelumnya ditemukan bahwa pembelajaran sejarah di
beberapa SMA Negeri Jember masih belum bisa membuat peserta didik terlibat
aktif dalam pembelajaran dan mencapai hasil belajar sejarah yang diinginkan.
Berdasarkan rekomendasi dari penelitian-penelitian terdahulu, upaya untuk
mengetahui seberapa tinggi tingkat student engagement perlu dilakukan. Selain
faktor-faktor yang mempengaruhi, karakteristik peserta didik juga mempunyai
dampak bagi student engagement. Penelitian mengenai student engagement
berdasarkan karakteristik jenis kelamin dan kelas belum banyak ditemukan di
Indonesia.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana tingkat student
engagement pada mata pelajaran sejarah peserta didik jenjang SMA Negeri se eks
kotatif Jember; (2) bagaimana perbandingan tingkat student engagement
berdasarkan jenis kelamin dan kelas pada mata pelajaran sejarah peserta didik
jenjang SMA Negeri se eks kotatif Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparasi dengan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Teori student
engagement yang digunakan adalah teori dari Fredricks, Blumenfeld, dan Paris | en_US |