• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tingkat Student Engagement Berdasarkan Jenis Kelamin dan Kelas pada Mata Pelajaran Sejarah Peserta Didik Jenjang SMA Negeri Se Eks Kotatif Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Fernanda Prasky Hartono.pdf (1.863Mb)
    Date
    2018-08-01
    Author
    HARTONO, Fernanda Prasky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem pembelajaraan saat ini mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik atau sering disebut dengan student centered learning. Penerapan student centered learning salah satunya diwujudkan dalam bentuk keterlibatan peserta didik atau disebut student engagement. Student engagement memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar peserta didik dan kualitas pendidikan. Penelitian ini akan berfokus pada mata pelajaran sejarah yang memiliki beberapa permasalaha berkaitan dengan student engagement. Berdasarkan penelitian sebelumnya ditemukan bahwa pembelajaran sejarah di beberapa SMA Negeri Jember masih belum bisa membuat peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran dan mencapai hasil belajar sejarah yang diinginkan. Berdasarkan rekomendasi dari penelitian-penelitian terdahulu, upaya untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat student engagement perlu dilakukan. Selain faktor-faktor yang mempengaruhi, karakteristik peserta didik juga mempunyai dampak bagi student engagement. Penelitian mengenai student engagement berdasarkan karakteristik jenis kelamin dan kelas belum banyak ditemukan di Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana tingkat student engagement pada mata pelajaran sejarah peserta didik jenjang SMA Negeri se eks kotatif Jember; (2) bagaimana perbandingan tingkat student engagement berdasarkan jenis kelamin dan kelas pada mata pelajaran sejarah peserta didik jenjang SMA Negeri se eks kotatif Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparasi dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner tertutup. Teori student engagement yang digunakan adalah teori dari Fredricks, Blumenfeld, dan Paris
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86904
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository