Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyudi, Edy
dc.contributor.advisorPuspitaningtyas, Zarah
dc.contributor.authorHoiron, Mohammad
dc.date.accessioned2018-07-31T07:40:19Z
dc.date.available2018-07-31T07:40:19Z
dc.date.issued2018-07-31
dc.identifier.nim150920101003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86830
dc.description.abstractPeningkatan kegiatan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal ini selain karena usaha tersebut merupakan tulang punggung system ekonomi kerakyatan yang tidak hanya ditujukan untuk mengurangi masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha, ataupun pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja. Hal yang harus diperhatikan dalam perkembangan UKM adalah kinerja UKM, karena merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam kemajuan UKM adalah kinerja. Terdapat beberapa variabel yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja perusahaan. Pertama kapabilitas pemasaran, Urban (1991:79) yang menyatakan bahwa keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai kinerja pemasarannya tergantung sejauh mana organisasi tersebut mampu menerapkan strategi pemasaran. Kedua, keunggulan bersaing, Porter (2007:15) menjelaskan bahwa strategi adalah alat yang sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing guna untuk memenangkan persaingan dan meningkatkan kinerja dan; ketiga, budaya organisasi, Soedjono (2005:23) Budaya organisasi merupakan nilai-nilai yang berkembang dalam suatu organisasi, di mana nilai-nilai tersebut digunakan untuk mengarahkan perilaku anggota-anggota organisasi untuk miningkatkan kinerja organisasi. UKM harus memiliki kapabilitas pemasaran yang baik untuk menghasilkan keuntungan bagi UKM dan meningkatkan kinerja UKM. Untuk mencapai kapabilitas pemasaran dan kinerja organisasi yang baik dibutuhkan keunggulan bersaing yang harus dimiliki oleh UKM sehingga menghasilkan kinerja tinggi bagi UKM di Kabupaten Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah paradigma kuantitatif bersifat explanatory. Penelitian ini dilakukan pada beberapa sektor UKM di Kabupaten Lumajang yaitu pada UKM Batik, Mebel / Furniture, Kerajinan Emas dan Kripik Pisang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa sektor pelaku UKM di kabupaten Lumajang yang berjumlah 148 pelaku UKM. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga ditemukan sampel sebanyak 109 pelaku UKM, kemudian untuk menentukan sampel / responden dilakukan dengan cara random sampling, dimana untuk menentukan reponden dilakukan secara acak sehingga ditemukan 109 responden (Pelaku UKM di kabupaten Lumajang). Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dan observasi, sedangkan data sekuder berupa dokumentasi data dari Pelaku UKM di Kabupaten Lumajang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan studi kepustakaan. Tahap pengolahan data dengan pemeriksaan data, pengkodean dan tabulasi. Intrument penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner dalam bentuk pernyataan dengan menggunakan skala likert 1-5 sebagai skala pengukuran. Uji instrument penelitian dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Variabel independent dalam penelitian ini ada tiga yaitu kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi dan variabel dependentnya adalah kinerja perusahaan Sedangkan analisis uji dalam penelitian menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa secara parsial variabel kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM. Berdasarkan hasil penelitian diatas, hendaknya UKM di Kabupaten Lumajang mampu mempertahankan dan meningkatkan aspek-aspek yang berkaitan dengan kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi guna meningkatkan kinerja UKM.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKapabilitas Pemasaranen_US
dc.subjectBudaya Organisen_US
dc.subjectKinerja UKMen_US
dc.titlePENGARUH KAPABILITAS PEMASARAN, KEUNGGULAN BERSAING DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA UKM (USAHA KECIL DAN MENENGAH) DI KABUPATEN LUMAJANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record