Profil Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Mojosari 04 Jember Dalam Memecahkan Masalah Segitiga Menurut Tahapan Polya Ditinjau Dari Gaya Belajar
Abstract
Profil kemampuan pemecahan masalah merupakan gambaran usaha yang dilakukan untuk mencari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai tujuan yang tidak begitu mudah dapat segera dicapai. Polya mengemukakan terdapat empat tahapan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam memproses pembelajaran di sekolah yang disebut dengan gaya belajar. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditinjau dari gaya belajarnya. Gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya belajar menurut modalitas sensori yang terdiri dari tiga gaya belajar, yaitu gaya belajar visual, audiotorial, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mojosari 04 Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes gaya belajar, tes pemecahan masalah, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil tes gaya belajar, hasil tes pemecahan masalah, dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis data validasi tes gaya belajar dan tes pemecahan masalah, didapat rerata total (Va) untuk tes gaya belajar adalah 2,57 dan rerata total (Va) untuk tes pemecahan masalah adalah 2,94 sehingga kedua instrumen tersebut masuk dalam kategori valid dan dapat digunakan dengan beberapa saran revisi.