• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Mojosari 04 Jember Dalam Memecahkan Masalah Segitiga Menurut Tahapan Polya Ditinjau Dari Gaya Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    Loriza Virga Giardillah-140210204063.pdf (7.030Mb)
    Date
    2018-07-26
    Author
    GIARDILLAH, Loriza Virga
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Profil kemampuan pemecahan masalah merupakan gambaran usaha yang dilakukan untuk mencari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai tujuan yang tidak begitu mudah dapat segera dicapai. Polya mengemukakan terdapat empat tahapan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam memproses pembelajaran di sekolah yang disebut dengan gaya belajar. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditinjau dari gaya belajarnya. Gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya belajar menurut modalitas sensori yang terdiri dari tiga gaya belajar, yaitu gaya belajar visual, audiotorial, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mojosari 04 Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes gaya belajar, tes pemecahan masalah, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil tes gaya belajar, hasil tes pemecahan masalah, dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis data validasi tes gaya belajar dan tes pemecahan masalah, didapat rerata total (Va) untuk tes gaya belajar adalah 2,57 dan rerata total (Va) untuk tes pemecahan masalah adalah 2,94 sehingga kedua instrumen tersebut masuk dalam kategori valid dan dapat digunakan dengan beberapa saran revisi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86514
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository