Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.advisorYudianto, Erfan
dc.contributor.authorHutami, Dyah Prihastuti Nanda
dc.date.accessioned2018-07-26T03:28:05Z
dc.date.available2018-07-26T03:28:05Z
dc.date.issued2018-07-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86491
dc.description.abstractPembelajaran matematika di sekolah tidak selalu berjalan lancar, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika, karena pemahaman konsep yang kurang atau bahkan mengalami pemahaman konsep yang salah. Miskonsepsi adalah ketidakakuratan siswa dalam memahami konsep matematika, menggunakan konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan menginterpretasi konsep matematika sehingga konsep tersebut tidak sesuai dengan konsep para ilmuwan atau para ahli. Miskonsepsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah miskonsepsi terjemahan, tanda, hitung, konsep, sistematis, dan strategi. Gaya kognitif adalah sikap individu dalam mengingat, memahami, dan berpikir dalam hal pemecahan masalah. Gaya kognitif yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan Certainty of Response Index (CRI) ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Dimana soal barisan dan deret yang digunakan adalah barisan dan deret aritmetika dan geometri yang meliputi suku pertama, suku ke-n, jumlah suku barisan, rasio, beda, dsb. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI PHP 1 SMKN 5 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara, dimana tes terdiri dari tes MFFT (Matching Familiar Figure Test) untuk mengelompokkan gaya kognitif siswa dan tes soal barisan dan deret disertai skala CRI untuk mengetahui letak miskonsepsi siswa. Hasil pekerjaan siswa kemudian dianalisis berdasarkan Certainty of Response Index (CRI) untuk mengetahui terjadinya miskonsepsi, selanjutnya dilakukan wawancara terhadap 12 subjek penelitian yang dipilih yakni 6 siswa gaya kognitif reflektif dan 6 siswa gaya kognitif impulsif, dimana dipilih masing-masing 6 siswa untuk mewakili 6 jenis miskonsepsi yang terjadi pada masing-masing gaya kognitif reflektif dan impulsif. Dalam penelitian ini didapatkan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 22,1%, siswa yang menguasai konsep sebesar 35,3%, siswa kurang pengetahuan sebesar 14,7%, dan siswa menjawab dengan menebak sebesar 30%. Dimana siswa dengan gaya kognitif reflektif paling banyak memenuhi kriteria menguasai konsep dengan persentase 31,4% sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif paling banyak memenuhi kriteria miskonsepsi dengan persentase sebesar 11,8%. Berdasarkan analisis hasil tes dan wawancara kelas XI PHP 1, diperoleh kesimpulan bahwa persentase masing-masing bentuk miskonsepsi siswa dalam mengerjakan soal matematika materi barisan dan deret yaitu sebanyak 6,9% atau 14 siswa mengalami miskonsepsi terjemahan, 9,3% atau 19 siswa mengalami miskonsepsi konsep, masing-masing 6,4% atau 13 siswa mengalami miskonsepsi strategi dan sistematis, 4% atau 8 siswa mengalami miskonsepsi hitung, dan 6,9% atau 14 siswa mengalami miskonsepsi tanda. Berdasarkan hal tersebut didapatkan bahwa persentase tertinggi miskonsepsi yang di alami siswa adalah miskonsepsi konsep yaitu 9,3% atau sebanyak 19 siswa mengalami miskonsepsi konsep. Miskonsepsi siswa jika ditinjau dari gaya kognitifnya menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif mengalami miskonsepsi lebih sedikit dibandingkan dengan siswa gaya kognitif impulsif. Siswa dengan gaya kognitif reflektif mengalami miskonsepsi konsep paling banyak, sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif paling banyak melakukan miskonsepsi konsep dan tanda.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAnalisis Miskonsepsi Siswaen_US
dc.subjectSoal Barisan dan Dereten_US
dc.subjectGaya Kognitif Reflektif dan Impulsifen_US
dc.titleAnalisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Berdasarkan Certainty of Response Index (Cri) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsifen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record