Show simple item record

dc.contributor.advisorRozy, M. Fahrur
dc.contributor.advisorListyadi, Digdo
dc.contributor.authorFitoyo, Achmad
dc.date.accessioned2018-07-25T07:57:14Z
dc.date.available2018-07-25T07:57:14Z
dc.date.issued2018-07-25
dc.identifier.nim131910101057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86418
dc.description.abstractMobil hemat energi merupakan suatu mobil yang di desain khusus supaya menghasilkan tingkat efisiensi tinggi. Mobil itu diharapkan dapat mengkonsumsi bahan bakar sedikit mungkin, tetapi bisa melakukan perjalanan yang cukup jauh, sehingga mampu mengurangi penggunaan dari bahan bakar. Faktor-faktor penting untuk meningkatkan kinerja dari suatu kendaraan yaitu massa, hambatan aerodinamis dan rolling reistance. Permasalahan mobil listrik pada saat ini yaitu memiliki banyak faktor yang mempengaruhi rolling resistance, salah satunya bantalan bola alur dalam baris tunggal. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan bantalan gelinding dengan menggunakan metode respon permukaan sehingga sesuai dengan kebutuhan tipe prototype mobil listrik. Tipe prototype mobil adalah mobil yang di desain khusus berbentuk bodi pesawat, dengan memakai 2 roda depan dan 1 roda belakang, sehingga dapat meminimalis gaya hambat pada aliran udara. Bearing atau bantalan adalah suatu komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada mesin atau komponen-komponen yang bergerak dan saling menekan satu dengan lainnya. Bantalan adalah elemen mesin yang menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerakan bolak-baliknya dapat berlangsung secara halus, aman, dan memberikan umur yang panjang. Bantalan harus cukup kokoh untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Jika bantalan tidak berfungsi dengan baik maka prestasi seluruh sistem akan menurun atau tidak dapat bekerja secara semestinya. Rolling Resistance adalah tahanan terhadap benda yang berputar akibat adanya gaya gesekan. Pada dasarnya, rolling resistance adalah momen benda untuk melawan arah gerakan, setara dengan gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan suatu benda. Metode respon permukaan adalah kumpulan metode statistik dan matematika yang berguna untuk masalah pemodelan dan teknik analisis. Dalam metode ini, tujuan utama adalah untuk mengoptimalkan respon yang dipengaruhi oleh berbagai parameter proses. Metode respon permukaan juga mengkuantifikasi hubungan antara parameter input terkendali dan respon yang diperoleh Berdasarkan analisis pengolahan data menggunakan software minitab 16, didapatkan bahwa nilai gaya rolling resistance akan semakin meningkat dengan bertambahnya gaya dan dari luasan kontak pada ball bearing, serta bearing akan mengalami kerugian ketika mendapatkan putaran yang terlalu tinggi. Bearing 6200 dan 6201 semua variabel prediktor mempunyai pengaruh lebih besar terhadap gaya rolling resistance. Bearing 628 untuk variabel kecepatan putar bearing mempunyai pengaruh sangat kecil. Pada analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa secara individu variabel proses yang paling berpengaruh terhadap gaya rolling resistance adalah beban radial. Hasil pengujian rolling resistance dari ketiga jenis bearing, dianalisis dengan menggunakan metode statistik didapatkan nilai yang optimum dengan mengatur kecepatan putar bearing pada 549,1717 rpm, beban radial sebesar 145 N dan beban aksial sebesar 130 N, diperoleh gaya rolling resistance pada bearing 628 sebesar 0,1148 N, pada bearing 6200 sebesar 0,1220 N dan pada bearing 6201 sebesar 0,2511 N.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSINGLE ROW DEEP ROOVE BALL BEARINGen_US
dc.subjectROLLING RESISTANCEen_US
dc.subjectMOBIL LISTRIK TITEN PROTOTYPEen_US
dc.subjectKUALITAS PRODUKen_US
dc.titleAnalisis Kualitas Produk Single Row Deep Roove Ball Bearing terhadap Rolling Resistance pada Mobil Listrik Titen Prototypeen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record