Show simple item record

dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.authorWatiningsih, Lesi
dc.date.accessioned2018-07-25T05:38:30Z
dc.date.available2018-07-25T05:38:30Z
dc.date.issued2018-07-25
dc.identifier.nim140210204061
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86388
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di SDN Dabasah 05 Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan uji-t pada skor rerata pretest dan postest yang menunjukkan bahwa thitung = 4,177. Hasil uji-t tersebut dicocokkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 50 untuk uji dua pihak dan diperoleh ttabel = 1,684. Terkait dengan hasil uji-t tersebut, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,177>1,684) artinya Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di SDN Dabasah 05 Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Berdasarkan hasil penghitungan dengan rumus keefektifan retalif (ER) diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran lebih efektif sebesar 57% dibandingkan dengan penerapan tanpa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS DI SDN DABASAH 05 BONDOWOSOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record