PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS DI SDN DABASAH 05 BONDOWOSO
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together
(NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan
menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia di SDN Dabasah 05 Bondowoso tahun pelajaran
2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan uji-t pada skor rerata
pretest dan postest yang menunjukkan bahwa thitung = 4,177. Hasil uji-t tersebut
dicocokkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 50 untuk uji dua
pihak dan diperoleh ttabel = 1,684. Terkait dengan hasil uji-t tersebut, menunjukkan
bahwa thitung > ttabel (4,177>1,684) artinya Ha yang menyatakan ada pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap
hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan menghargai jasa
dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di
SDN Dabasah 05 Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Berdasarkan
hasil penghitungan dengan rumus keefektifan retalif (ER) diketahui bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
dalam pembelajaran lebih efektif sebesar 57% dibandingkan dengan penerapan
tanpa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).