PENGEMBANGAN HANDOUT FISIKA BERBASIS CONCEPT MAPPING PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan menghasilkan suatu produk bahan ajar
yang valid berupa handout fisika berbasis concept mapping, yaitu suatu bahan ajar cetak yang sangat
ringkas, tersusun secara sistematis dan memuat pemetaan-pemetaan konsep yang saling berhubungan
dan dihubungkan dalam bentuk peta konsep (concept mapping). Penelitian pengembangan ini
mengacu pada desain pengembangan Tjeerd Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu: fase
investigasi awal; fase desain; fase realisasi/konstruksi; fase tes, evaluasi, dan revisi; dan fase
implementasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji validitas handout fisika berbasis
concept mapping pada materi usaha dan energi yang diharapkan dapat meningkatkan penguasaan
konsep siswa. Validitas yang digunakan adalah validitas logis dengan dua validator ahli. Terdapat 6
aspek yang akan dinilai dalam lembar validitas yaitu, aspek pendekatan penulisan, aspek kebenaran
konsep, aspek kedalaman materi, aspek keluasan konsep, aspek keterlaksanaan, aspek kebahasaan,
dan aspek tampilan menyeluruh.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]