dc.contributor.author | Wulandari, Tri Asih | |
dc.contributor.author | Prihandono, Trapsilo | |
dc.contributor.author | Maryani, Maryani | |
dc.date.accessioned | 2018-07-19T08:21:30Z | |
dc.date.available | 2018-07-19T08:21:30Z | |
dc.date.issued | 2018-07-19 | |
dc.identifier.issn | 2527-5917 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86322 | |
dc.description | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 (Implementasi Pendidikan Karakter dan IPTEK untuk Generasi Milineal Indonesia dalam Menuju Sustainable Development Goals (SDG's) 2030) | en_US |
dc.description.abstract | Suhu dan kalor merupakan salah satu materi dalam fisika yang di ajarkan di tingkat SMA.
Miskonsepsi merupakan suatu konsepsi yang melekat dengan kuat dan stabil dibenak siswa yang
sebenarnya menyimpang dari konsepsi yang dikemukakan para ahli, yang dapat menyesatkan para
siswa dalam memahami fenomena alamiah dan melakukan eksplanasi ilmiah. Miskonsepsi tersebut
akan mengakibatkan siswa mengalami kesalahan yang berulang untuk konsep pada tingkat berikutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor di kelas
XI SMA. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes diagnostik yang berbentuk pilihan
ganda dengan empat alternatif jawaban, alasan terbuka, disertai tingkat keyakinan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat miskonsepsi pada pemahaman materi suhu dan kalor yaitu sebesar 43%.
Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada konsep yang terkait hubungan antara suhu
dengan kalor perubahan wujud zat. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Miskonsepsi | en_US |
dc.subject | tes diagnostik | en_US |
dc.subject | suhu dan kalor | en_US |
dc.title | ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA JEMBER | en_US |
dc.type | Prosiding | en_US |