Pengaruh Strategi Pembelajaran sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn Kebonsari 04 Jember.
Abstract
Membaca pemahaman adalah kegiatan mengamati tulisan untuk
memahami isi bacaan. Membaca pemahaman merupakan proses sungguh-sungguh
yang dilakukan pembaca untuk memperoleh informasi, pesan, dan makna dalam
sebuah bacaan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Kebonsari
04 Jember pada 1 Agustus 2017, diketahui bahwa pada saat kegiatan
pembelajaran membaca secara bergantian masih banyak siswa yang kurang
memperhatikan dan ketika guru memberikan pertanyaan tentang bacaan sebagian
besar siswa masih membaca ulang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti
ingin menguji cobakan salah satu strategi membaca pemahaman yaitu SQ3R.
Strategi SQ3R merupakan salah satu strategi pembelajaran membaca yang
sangat tepat digunakan untuk membelajarkan membaca pemahaman. Salah satu
indikator membaca pemahaman yaitu menuliskan kalimat utama, sesuai dengan
kompetensi dasar bahasa Indonesia kelas IV yaitu menemukan kalimat utama
pada tiap paragraf melalui membaca intensif. Strategi ini dipilih karena langkahlangkah
strategi SQ3R cukup sederhana dan jelas serta memiliki dampak
signifikan apabila diterapkan untuk kegiatan membaca.