• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn Kebonsari 04 Jember.

    Thumbnail
    View/Open
    Bellanida Wahyu Cahyorini NIM 140210204088.pdf (2.510Mb)
    Date
    2018-07-11
    Author
    CAHYORINI, Bellanida Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca pemahaman adalah kegiatan mengamati tulisan untuk memahami isi bacaan. Membaca pemahaman merupakan proses sungguh-sungguh yang dilakukan pembaca untuk memperoleh informasi, pesan, dan makna dalam sebuah bacaan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember pada 1 Agustus 2017, diketahui bahwa pada saat kegiatan pembelajaran membaca secara bergantian masih banyak siswa yang kurang memperhatikan dan ketika guru memberikan pertanyaan tentang bacaan sebagian besar siswa masih membaca ulang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin menguji cobakan salah satu strategi membaca pemahaman yaitu SQ3R. Strategi SQ3R merupakan salah satu strategi pembelajaran membaca yang sangat tepat digunakan untuk membelajarkan membaca pemahaman. Salah satu indikator membaca pemahaman yaitu menuliskan kalimat utama, sesuai dengan kompetensi dasar bahasa Indonesia kelas IV yaitu menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif. Strategi ini dipilih karena langkahlangkah strategi SQ3R cukup sederhana dan jelas serta memiliki dampak signifikan apabila diterapkan untuk kegiatan membaca.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86278
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15331]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository