Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Transfering) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Smp Kelas Vii
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan untuk kualitas sumber daya manusia yang
baik dan bermutu. Untuk itu perlu dilakukan pembaruan secara berkelanjutan
dalam bidang pendidikan demi terwujudnya generasi penerus yang terdidik dan
memiliki akhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peoses
dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Berbasis Strategi REACT Pada
materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif pada
siswa SMP Kelas VII. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan
menggunakan model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan
(design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Dalam
penelitian ini perangkat yang dikembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Proses
pengembangan perangkat ini menggunakan model Thiagarajan yang dikenal
dengan 4-D.
Berdasarkan hasil analisis validasi RPP oleh dosen dan guru diperoleh ratarata
4,5 dengan kriteria prototipe RPP valid dan nilai rata-rata 89,77 dengan
kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis validasi LKS oleh dosen dan guru
diperoleh rata-rata 4,8 dengan kriteria prototipe RPP valid dan nilai rata-rata
94,66 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis validasi THB oleh
dosen dan guru diperoleh rata-rata 4,8 dengan kriteria prototipe RPP valid dan
nilai rata-rata 96,33 dengan kriteria sangat baik.