Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriadi, Bambang
dc.contributor.advisorLesmono, Albertus Djoko
dc.contributor.authorRosyadi, Fani Aldilah
dc.date.accessioned2018-07-06T08:30:24Z
dc.date.available2018-07-06T08:30:24Z
dc.date.issued2018-07-06
dc.identifier.nimNIM140210102086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86226
dc.description.abstractFisika adalah ilmu tentang gejala alam dan perilaku alam sepanjang dapat diamati oleh manusia. Fisika penting dalam kehidupan manusia karena banyak peristiwa dalam kehidupan yang melibatkan ilmu fisika baik yang disadari maupun tanpa disadari. Namun pengaplikasian fisika yang bersifat nyata pada umumnya tidak mudah untuk diajarkan di kelas. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memudahkan pembelajaran fisika adalah penggunaan bahan ajar kontekstual. Pada bahan ajar kontekstual khususnya bidang fisika, materi yang dicantumkan dalam bahan ajar merupakan hasil kajian konsep fisika yang berkaitan dengan kejadian kontekstual di alam. Kejadian kontekstual yang dipilih merupakan fenomena yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun bahan ajar fisika selama ini masih bersifat linier, yaitu bahan ajar hanya menyajikan konsep dan prinsip, contoh soal, dan latihan soal. Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai pembuatan bahan ajar kontekstual khususnya pada kajian materi fisika. Contoh kejadian di sekitar kehidupan siswa yang berkaitan dengan tumbukan adalah permainan billiards. Permainan ini secara dasar merupakan aplikasi dari berbagai konsep mekanika salah satunya adalah tumbukan. Ketika cue ball dipukul oleh stik kemudian menggelinding hingga menumbuk bola lainnya, sangatlah perlu untuk diketahui hal-hal yang dapat dikontrol agar bola billiards dapat masuk ke dalam lubang. Salah satu kontrol yang dapat dilakukan agar bola dapat masuk ke dalam lubang adalah dengan mengontrol arah bola billiards setelah tumbukan. Tumbukan cue ball dengan object ball dapat berupa tumbukan sentral dan tumbukan tak sentral. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards dan merancang bahan ajar fisika SMA berdasarkan data data hasil kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif adalah suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya dengan melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Hasil kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards berdasarkan data-data yang diperoleh secara langsung dan data dari analisis video menggunakan aplikasi tracker, menunjukkan bahwa hukum kekekalan momentum berlaku pada tumbukan sentral dan tumbukan tak sentral pada permainan billiards. Nilai rata-rata koefisien restitusi dari tumbukan sentral dan tumbukan tak sentral adalah sebesar , yang menunjukkan bahwa tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards tergolong tumbukan lenting sebagian. Rancangan bahan ajar yang dibuat adalah rancangan modul yang terdiri dari judul modul, tujuan kompetensi, uraian materi dan latihan soal yang dibuat berdasarkan data-data hasil kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102086;
dc.subjectRancangan Bahan Ajaren_US
dc.subjectKajian Tumbukanen_US
dc.titleKajian Tumbukan Sentral Dan Tak Sentral Pada Permainan Billiards Sebagai Rancangan Bahan Ajar Fisika SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record