Kajian Tumbukan Sentral Dan Tak Sentral Pada Permainan Billiards Sebagai Rancangan Bahan Ajar Fisika SMA
Abstract
Fisika adalah ilmu tentang gejala alam dan perilaku alam sepanjang dapat
diamati oleh manusia. Fisika penting dalam kehidupan manusia karena banyak
peristiwa dalam kehidupan yang melibatkan ilmu fisika baik yang disadari
maupun tanpa disadari. Namun pengaplikasian fisika yang bersifat nyata pada
umumnya tidak mudah untuk diajarkan di kelas. Salah satu solusi yang dapat
digunakan untuk memudahkan pembelajaran fisika adalah penggunaan bahan ajar
kontekstual. Pada bahan ajar kontekstual khususnya bidang fisika, materi yang
dicantumkan dalam bahan ajar merupakan hasil kajian konsep fisika yang
berkaitan dengan kejadian kontekstual di alam. Kejadian kontekstual yang dipilih
merupakan fenomena yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun
bahan ajar fisika selama ini masih bersifat linier, yaitu bahan ajar hanya
menyajikan konsep dan prinsip, contoh soal, dan latihan soal. Sehingga perlu
dilakukan penelitian mengenai pembuatan bahan ajar kontekstual khususnya pada
kajian materi fisika. Contoh kejadian di sekitar kehidupan siswa yang berkaitan
dengan tumbukan adalah permainan billiards. Permainan ini secara dasar
merupakan aplikasi dari berbagai konsep mekanika salah satunya adalah
tumbukan. Ketika cue ball dipukul oleh stik kemudian menggelinding hingga
menumbuk bola lainnya, sangatlah perlu untuk diketahui hal-hal yang dapat
dikontrol agar bola billiards dapat masuk ke dalam lubang. Salah satu kontrol
yang dapat dilakukan agar bola dapat masuk ke dalam lubang adalah dengan
mengontrol arah bola billiards setelah tumbukan. Tumbukan cue ball dengan
object ball dapat berupa tumbukan sentral dan tumbukan tak sentral.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tumbukan sentral dan tak sentral
pada permainan billiards dan merancang bahan ajar fisika SMA berdasarkan data data hasil kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Metode
analisis deskriptif adalah suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan
atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel
yang telah terkumpul sebagaimana adanya dengan melakukan analisis dan
membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum.
Hasil kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards
berdasarkan data-data yang diperoleh secara langsung dan data dari analisis video
menggunakan aplikasi tracker, menunjukkan bahwa hukum kekekalan momentum
berlaku pada tumbukan sentral dan tumbukan tak sentral pada permainan
billiards. Nilai rata-rata koefisien restitusi dari tumbukan sentral dan tumbukan
tak sentral adalah sebesar , yang menunjukkan bahwa tumbukan sentral
dan tak sentral pada permainan billiards tergolong tumbukan lenting sebagian.
Rancangan bahan ajar yang dibuat adalah rancangan modul yang terdiri dari judul
modul, tujuan kompetensi, uraian materi dan latihan soal yang dibuat berdasarkan
data-data hasil kajian tumbukan sentral dan tak sentral pada permainan billiards.