• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER KELAS X JURUSAN AKUTANSI SMK NEGERI 4 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    TRI IRA NURJANNAH.pdf (291.6Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    TRI IRA NURJANNAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan temuan-temuan yang didapatkan dari hasil wawancara tidak berstruktur pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2010 kepada guru matematika dan siswa kelas X-KU 2 SMK Negeri 4 Jember terungkap berbagai persoalan yang harus dicarikan solusinya. Persoalan-persoalan tersebut antara lain : (1) siswa bosan terhadap pembelajaran konvesional yang disajikan guru (2) siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika (3) dalam diri siswa tidak terdapat pemahaman yang utuh dan saling berkesinambungan dalam memahami matematika, cederung menghafal sehingga belajar menjadi tidak bermakna (4) siswa tidak dapat mengaitkan konsep-konsep matematika yang telah dimilikinya terhadap materi kejuruan yang mereka ambil. Dengan demikian usaha yang dapat digunakan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linier dengan model pembelajaran Kontekstual dan juga untuk mengetahui aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual pada siswa kelas X-KU 2 semester 1 SMK Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linier dengan model pembelajaran Kontekstual merupakan pembelajaran yang mengaitkan antara kehidupn nyata siswa sehari – hari dengan materi pelajaran dan didalamnya menerapkan ketujuh komponen pembelajaran kontekstual kontruktivisme (contructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), penilaian yang sebenarnya (authentic assesment). xv Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini responden yang diambil adalah kelas X-KU 2 SMK Negeri 4 Jember berjumlah 39 siswa dikarenakan kemampuan befikir siswa yang heterogen. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linier melalui pembelajaran Konstektual pada siswa SMK Negeri 4 Jember kelas X- KU 2semester ganjil tahun ajaran 2010 /2011 dapat berlangsung dengan baik. Analisis terhadap hasil penilaian aktivitas selama kegiatan pembelajaran dapat diketahui bahwa siswa kelas X-KU2 SMK Negeri 4 Jember memiliki rata – rata aktivitas yang baik. Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan berminat terhadap kegiatan pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan pembelajarn Konstektual. Siswa memiliki rasa ingin tahu dan juga kritis terhadap masalah – masalah yang diberikan. Selain itu dalam proses diskusi dengan kelompok masing – masing, kerjasama antar kelompok juga dapat tercipta. Kesulitan yang dihadapi selama proses belajar mengajar berlangsung adalah siswa merasa kesulitan untuk menemukan dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang sudah ada. Mereka membutuhkan bimbingan dari guru untuk dapat dapat mengkonstruksi pengetahuan yang sudah ada tersebut. Aktivitas siswa secara umum mengalami peningkatan. Meskipun kenaikannya tidak begitu signifikan. Pada aktivitas siswa yang peneliti peroleh tidak menjadi tolak ukur bahwa siswa bisa mengerjakan tes karena kebanyakan siswa aktivitasnya bagus, dalam pengerjaannya kurang teliti. Hasil belajar matematika siswa kelas X-KU2 SMK Negeri 4 Jembersemester ganjil tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier nilai setelah diterangkan dengan menggunakan pembelajaran konstektual mengalami ketuntasan belajar klasikal dengan siklus 1 sebesar 51,28 % dan siklus 2 sebesar 94, 87 %
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8619
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository