dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat
membawa dampak pada pengembangan pembelajaran di bidang pendidikan,
khususnya mata pelajaran matematika yang relatif kurang disukai oleh siswa.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan perangkat
pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer pada sub pokok bahasan
keliling dan luas lingkaran yang dikembangkan dengan menggunakan model
pengembangan 4-D yang dimodifikasi. Pengembangan perangkat pembelajaran
dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan
(design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat
pembelajaran yang dihasilkan meliputi: Rencana Pembelajaran, Lembar Kerja
Siswa (LKS), media pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer,
dan Tes Hasil Belajar (THB).
Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Jember kelas
IX F. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode tes, angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah perangkat pembelajaran
matematika bilingual berbantuan komputer pada sub pokok bahasan Keliling dan
Luas Lingkaran kelas VIII SMP yang valid. Dari penilaian yang diberikan
validator diperoleh nilai tingkat kevalidan LKS sebesar 5 yang berarti sangat
valid, nilai tingkat kevalidan RPP sebesar 4,86 yang berarti pada kategori valid,
nilai tingkat kevalidan media pembelajaran matematika bilingual berbantuan
komputer sebesar 4,97 yang menunjukkan kategori valid, dan nilai tingkat
ix
kevalidan alat evaluasi sebesar 4,96 yang menunjukkan kategori valid. Dengan
demikian, dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan siap digunakan oleh
guru sebagai perangkat pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer
sebagai alternatif pembelajaran matematika.
Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Jember. | en_US |