• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL BERBANTUAN KOMPUTER PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    SURYO PURNOMO.pdf (105.9Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    SURYO PURNOMO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa dampak pada pengembangan pembelajaran di bidang pendidikan, khususnya mata pelajaran matematika yang relatif kurang disukai oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: Rencana Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS), media pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Jember kelas IX F. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah perangkat pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer pada sub pokok bahasan Keliling dan Luas Lingkaran kelas VIII SMP yang valid. Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan LKS sebesar 5 yang berarti sangat valid, nilai tingkat kevalidan RPP sebesar 4,86 yang berarti pada kategori valid, nilai tingkat kevalidan media pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer sebesar 4,97 yang menunjukkan kategori valid, dan nilai tingkat ix kevalidan alat evaluasi sebesar 4,96 yang menunjukkan kategori valid. Dengan demikian, dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan siap digunakan oleh guru sebagai perangkat pembelajaran matematika bilingual berbantuan komputer sebagai alternatif pembelajaran matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8615
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository