• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING PADA KONSEP PROTOZOA TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Walidatus Sholeha - 140210103011.pdf-.pdf (4.038Mb)
    Date
    2018-07-04
    Author
    SHOLEHA, Walidatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Biologi merupakan salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang makhluk hidup dan segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk hidup dengan menggunakan istilah-istilah yang pada umumnya berupa istilah latin, salah satunya pada konsep Protozoa, selain itu dalam pembelajaran biologi terdapat konsep pembelajaran yang kurang runtut dan cenderung untuk dihafal yang menyebabkan minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Kemampuan guru Biologi dalam meningkatkan keterampilan metakognisi siswa masih kurang, salah satu contohnya di SMAN 1 Pakusari, Jember. Keterampilan metakognisi siswa dalam belajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting, karena kemampuan metakognisi mengarah pada berpikir tingkat tinggi yang mencakup kontrol aktif terhadap proses kognitif selama belajar. Siswa sebagai subjek belajar harus berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang mengutamakan keterlibatan siswa dalam membangun pengetahuannya dapat dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Namun salah satu kelemahan dari inkuiri adalah beberapa siswa yang kurang aktif dalam kelompoknya, sehingga guru harus memiliki cara lain untuk memotivasi dan membantu siswa untuk bersinergi dengan anggota kelompoknya. Kelemahan pada inkuiri tersebut dapat diatasi dengan collaborative learning yaitu suatu strategi pembelajaran, dimana para siswa dengan variasi yang bertingkat bekerjasama dalam kelompok kecil kearah satu tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis collaborative learning pada konsep protozoa terhadap kesadaran metakognisi siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86157
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository