• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK TUTUR BERTANYA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI LINGKUNGAN KAMPUNG LEDOK KEBON LOR KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Atiqoh Muharromah - 100210402048.pdf-.pdf (1.440Mb)
    Date
    2018-07-04
    Author
    MUHARROMAH, Atiqoh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berbahasa pada usia dini dapat dikatakan fase terpesat dalam perkembangan kemampuan berbahasa anak. Tindak tutur bertanya anak usia prasekolah di lingkungan kampung Ledok Kebon Lor menarik diteliti karena mempunyai wujud bervariasi dan fungsi atau maksud tersendiri dalam bertindak tutur bertanya. Pentingnya penelitian ini adalah untuk memahami cara anak berkomunikasi ketika melihat sesuatu yang baru ataupun mengungkapkan keinginan dengan bertanya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah wujud tindak tutur bertanya anak usia prasekolah di lingkungan kampung ledok Kebon Lor Kabupaten Jember?, dan (2) bagaimanakah fungsi tindak tutur bertanya anak usia prasekolah di lingkungan kampung ledok Kebon Lor Kabupaten Jember?. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang diperoleh dari segmen tutur yang konteks dan koteksnya mengindikasikan tindak tutur bertanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dengan usia diatas tiga tahun dan dibawah tujuh tahun yang berada di Lingkungan Kampung Ledok Kebon Lor RT 002 RW 021 kabupaten Jember. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik yaitu: (1) Teknik simak catat, yang digunakan untuk mengamati dan mencatat tuturan anak usia prasekolah saat bermain bersama ataupun saat berinteraksi; (2) teknik rekam, merekam tutran anak usia prasekolah yang sedang berinteraksi; dan (3) wawancara, wawancara tidak terstruktur. Analisis data yang dilakukan dengan metode kualitatif, yang terdiri dari tiga proses, yaitu pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86138
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository