TINDAK TUTUR BERTANYA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI LINGKUNGAN KAMPUNG LEDOK KEBON LOR KABUPATEN JEMBER
Abstract
Kemampuan berbahasa pada usia dini dapat dikatakan fase terpesat dalam
perkembangan kemampuan berbahasa anak. Tindak tutur bertanya anak usia
prasekolah di lingkungan kampung Ledok Kebon Lor menarik diteliti karena
mempunyai wujud bervariasi dan fungsi atau maksud tersendiri dalam bertindak
tutur bertanya. Pentingnya penelitian ini adalah untuk memahami cara anak
berkomunikasi ketika melihat sesuatu yang baru ataupun mengungkapkan
keinginan dengan bertanya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1)
bagaimanakah wujud tindak tutur bertanya anak usia prasekolah di lingkungan
kampung ledok Kebon Lor Kabupaten Jember?, dan (2) bagaimanakah fungsi
tindak tutur bertanya anak usia prasekolah di lingkungan kampung ledok Kebon
Lor Kabupaten Jember?.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian
adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang diperoleh dari
segmen tutur yang konteks dan koteksnya mengindikasikan tindak tutur bertanya.
Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dengan usia diatas tiga tahun dan
dibawah tujuh tahun yang berada di Lingkungan Kampung Ledok Kebon Lor RT
002 RW 021 kabupaten Jember. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga
teknik yaitu: (1) Teknik simak catat, yang digunakan untuk mengamati dan
mencatat tuturan anak usia prasekolah saat bermain bersama ataupun saat
berinteraksi; (2) teknik rekam, merekam tutran anak usia prasekolah yang sedang
berinteraksi; dan (3) wawancara, wawancara tidak terstruktur. Analisis data yang
dilakukan dengan metode kualitatif, yang terdiri dari tiga proses, yaitu
pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.