PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI IPHONE REKONDISI TANPA JAMINAN KUALITAS DAN GARANSI RESMI
Abstract
Kemajuan yang terjadi pada era modern saat ini membawa dampak besar
dalam kehidupan masyarakat, Terutama kemajuan pada bidang teknologi, dimana
kebutuhan masyarakat saat ini dalam melakukan aktivitasnya membutuhkan suatu
teknologi yang dapat membantu dan menunjang kebutuhan maupun gaya hidup.
Untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup tersebut maka masyarakat dapat
melakukan suatu transaksi jual beli barang dan/atau jasa, dimana transaksi jual beli
itu timbul karena adanya suatu perikatan yang mendasari jual beli tersebut, dalam
melakukan perikatan yang akan menimbulkan perjanjian antara kedua belah pihak
maka harus dilakukan dengan asas itikad baik, dimana pada transaksi di zaman
modern saat ini asas itikad baik seringkali diabaikan oleh pihak pelaku usaha,
seperti yang terjadi dalam kasus transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan
kualitas dan garansi resmi yang menimbulkan kerugian pada konsumen yang
mengkonsumsi barang tersebut. Konsumen yang dirugikan oleh pihak pelaku usaha
berhak medapata perlindungan hukum atas hak-haknya sesuai yang terdapat dalam
Undang-Unang Perlindungan Konsumen, maka dari itu upaya perlindungan hukum
terhadap konsumen sangat diperlukan keberadaanya.Rumusan masalah yang
terdapat dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bentuk perlindungan hukum bagi
konsumen dalam transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan
garansi resmi? (2) Tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen dalam
transaksi jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi? (3)
Upaya penyelesaian yang dilakukan konsumen jika telah dirugikan dalam transaksi
jual beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi? .Tujuan
penulisan dalam skripsi ini teridiri dari tujuan umum yaitu untuk memenuhi salah
satu syarat dan tugas menyelesaikan studi meraih gelar Sarjana Hukum pada
Fakultas Hukum Universitas Jember dan tujuan khusus yaitu untuk mengetahui dan
memahami bentuk perlindungan hukum tehadap konsumen dalam transaksi jual
beli iphone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi.
Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penulisan
yuridis normatif yang menerapkan kaidah-kaidah hukum positif, dalam penulisan
skripsi ini digunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan perundang-undangan
dan pendekatan konseptual. Bahan-bahan hukum yang digunakan dalam penulisan
skripsi ini meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan non
hukum untuk analisa dalam penulisan skripsi ini analisa yang digunakan adalah
dengan metode analisa deduktif, yang digunakan untuk menarik kesimpulan yang
berasal dari hal yang bersifat umum menjadi permasalahan yang bersifat khusus
sehingga dapat ditarik dalam bentuk argumentasi dan memberikan preskripsi
berdasarkan argumentasi yang dibangun dari kesimpulan.
Tinjauan pustaka dalam penulisan skripsi ini terdiri dari Pertama yaitu
perlindungan konsumen yang meliputi pengertian perlindungan konsumen, tujuan
perlindungan konsumen, asas-asas perlindungan konsumen.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]