dc.description.abstract | Biologi merupakan salah satu dari cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Mempelajari biologi tidak sekedar mendapatkan pengetahuan tentang makhluk hidup, namun juga mendapat pengetahuan tentang metode mempraktekkan ilmu pengetahuan tersebut (Yuni, 2016:21). Fakta dilapangan menunjukkan pengetahuan biologi tidak diiringi dengan kegiatan mempraktekkan ilmu tersebut sehingga terfokus pada teori saja. Untuk itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan memproses perolehan pengetahuan yaitu pendekatan keterampilan proses.
Selain dari penerapan strategi yang digunakan, keberhasilan dalam proses belajar mengajar tak lepas dari upaya guru. Lesson Study adalah salah satu yang dapat dijadikan metode untuk guru dalam melakukan tukar pikiran dalam penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran Biologi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses berbasis Lesson Study terhadap keterampilan proses sains siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses berbasis Lesson Study pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional, yaitu ceramah dan diskusi kelompok pada kelas kontrol. Setelah ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilanjutkan tahap Lesson study. Tahap Perencanaan (plan) guru model beserta observer merancang pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses, kedua tahap pelaksanaan (do) atau implikasi dari tahap perencanaan dan mengadakan pre-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum pelajaran berlangsung dan tahap reflesi (see) untuk mengevaluasi pembelajaran maupun guru model. | en_US |