• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SMK

    Thumbnail
    View/Open
    Faizah Firdaus - 140210103047.pdf SDH.pdf (16.44Mb)
    Date
    2018-06-25
    Author
    Firdaus, Faizah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Biologi merupakan salah satu dari cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Mempelajari biologi tidak sekedar mendapatkan pengetahuan tentang makhluk hidup, namun juga mendapat pengetahuan tentang metode mempraktekkan ilmu pengetahuan tersebut (Yuni, 2016:21). Fakta dilapangan menunjukkan pengetahuan biologi tidak diiringi dengan kegiatan mempraktekkan ilmu tersebut sehingga terfokus pada teori saja. Untuk itu, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan memproses perolehan pengetahuan yaitu pendekatan keterampilan proses. Selain dari penerapan strategi yang digunakan, keberhasilan dalam proses belajar mengajar tak lepas dari upaya guru. Lesson Study adalah salah satu yang dapat dijadikan metode untuk guru dalam melakukan tukar pikiran dalam penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses berbasis Lesson Study terhadap keterampilan proses sains siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses berbasis Lesson Study pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional, yaitu ceramah dan diskusi kelompok pada kelas kontrol. Setelah ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilanjutkan tahap Lesson study. Tahap Perencanaan (plan) guru model beserta observer merancang pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses, kedua tahap pelaksanaan (do) atau implikasi dari tahap perencanaan dan mengadakan pre-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum pelajaran berlangsung dan tahap reflesi (see) untuk mengevaluasi pembelajaran maupun guru model.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85941
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15405]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository