Show simple item record

dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahrotul
dc.contributor.advisorHUTAMA, Fajar Surya
dc.contributor.authorFATIMAH, Dewi Siti
dc.date.accessioned2018-06-22T08:45:27Z
dc.date.available2018-06-22T08:45:27Z
dc.date.issued2018-06-22
dc.identifier.nimNIM140210204028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85919
dc.description.abstractPembelajaran pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat KD IPS yang berbunyi mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang, untuk mencapai KD tersebut diperlukan sebuah media yang dapat digunakan oleh siswa serta memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Indikator penilaian afektif dilakukan untuk penanaman sikap disiplin, santun, peduli, dan kerjasama. Melalui kegiatan berinteraksi, diharapkan siswa akan mampu memahami arti pentingnya kebersamaan dalam keberagaman. Selama ini media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga mengakibatkan proses pembelajaran tidak menyenangkan. Media pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar melalui bermain dan menarik perhatian siswa, yaitu media pembelajaran berbentuk Alat Permainan Edukatif (APE) Kartu Pasangan. APE Kartu Pasangan adalah alat permainan edukatif yang dapat digunakan untuk mendukung penyampaian materi, serta dapat dimainkan siswa dengan mudah dan menyenangkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu “bagaimanakah proses dan hasil pengembangan APE Kartu Pasangan pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku subtema Indahnya keragaman Budaya Negeriku untuk siswa kelas IV SDN Patrang 01 Jember?”. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba keefektifan. Tahap pendahuluan dilakukan dengan wawancara dan observasi, ditemukan permasalahan bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan siswa sering merasa bosan pada saat pembelajaran serta materi yang ada pada buku siswa masih bersifat umum. Aspek yang direvisi pada tahap revisi desain produk awal sesuai saran dan komentar validator yaitu aspek kelayakan penyajian dan tampilan. Tahap revisi desain produk dilakukan berdasarkan balikan yang diperoleh dari hasil uji coba penggunaan produk yang telah dilakukan, yaitu angket yang menanyakan tentang kesalahan cetak atau kesalahan edit yang ada di dalam media pembelajaran, serta angket yang menanyakan tentang waktu yang disediakan untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil pengembangan media pembalajaran APE Kartu Pasangan telah memenuhi dua kriteria yaitu: (1) Valid, ditunjukkan dari hasil analisis data validasi oleh tiga validator mendapatkan skor 92,72 termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga media pembelajaran APE Kartu Pasangan yang dikembangkan dinyatakan valid dan siap dieksperimenkan; (2) Efektif, ditunjukkan dari hasil perhitungan uji t pada ranah kognitif yaitu t-empirik > ttabel (6,268 > 1,671), pada ranah afektif yaitu 4,335 > 1,671, pada ranah psikomotorik yaitu 4,521 > 1,671 dan persentase respon positif siswa yaitu 82,35% termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian menunjukkan bahwa APE Kartu Pasangan yang dikembangkan efektif digunakan untuk proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran APE Kartu Pasangan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru serta memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini yaitu bagi siswa dijadikan pengalaman baru yang menarik dan menyenangkan, bagi guru dijadikan sebagai salah satu alternatif media dan dijadikan sebagai pedoman untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, bagi lembaga dijadikan acuan pengembangan kualitas pembelajaran yang lebih baik, dan bagi peneliti lain dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang lebih kreatif dan inovatif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204028;
dc.subjectAPE KARTU PASANGANen_US
dc.subjectINDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMAen_US
dc.subjectINDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKUen_US
dc.titlePENGEMBANGAN APE KARTU PASANGAN PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS IV SDN PATRANG 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record