Show simple item record

dc.contributor.advisorMA'RUF, M Farid
dc.contributor.advisorWAHYUNINGTYAS, Winda Tri
dc.contributor.authorAPRILIA, Dewi
dc.date.accessioned2018-06-21T05:59:21Z
dc.date.available2018-06-21T05:59:21Z
dc.date.issued2018-06-21
dc.identifier.nimNIM141910301037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85886
dc.description.abstractSaat ini pembangunan infrastruktur di sejumlah wilayah semakin meningkat hal ini guna memacu pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan pembangunan antar wilayah. Maka dari itu untuk mendukung hal tersebut pemerintah membutuhkan jasa dibidang konstruksi untuk menciptakan sebuah infrastuktur yang baik. Sebagai pencetak insinyur-insinyur muda berkualitas tentunya setiap perguruan tinggi telah menyiapkan strategi terbaiknya untuk mencetak calon-calon pelaku konstruksi yang baik. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan mengasilkan kualitas mahasiswa yang kompetitif. Teknologi 3D (3 Dimensi) merupakan teknologi yang sedang berkembang dan banyak digunakan secara luas. Teknologi 3D diciptakan untuk membantu memodelkan suatu objek secara virtual dalam komputer kemudian mengolahnya. Tujuan dari skripsi ini adalah membuat pengembangan media pembelajaran konstruksi jembatan dengan teknologi 3D guna mempermudah mahasiswa dalam memahami bagian-bagian dari jembatan. Hasil dari skripsi ini adalah video animasi pembelajaran konstruksi jembatan, Dalam penyusunan video pembelajaran ini berdasarkan pada silabus pembelajaran konstruksi jembatan. Inti yang dibahas didalam video adalah mengenai pembebanan jembatan, tipe-tipe jembatan beserta detail bagiannya, dan layout jembatan. Tipe tipe jembatan yang ditampilkan adalah jembatan beton, jembatan rangka baja, jembatan lengkung, jembatan gantung, dan jembatan cable stayed. Didalam video terdapat pula keterangan-keterangan mengenai detail bagian jembatan berserta peraturan-peraturan yang digunakan dan penambahan audio guna memperjelas isi dalam video. Video animasi pembelajaran konstruksi jembatan ini dikembangankan dengan alat bantu pemodelan 3D yaitu Sketchup dan editor video CorelVideoX6 guna membantu pengisian audio dan text pada video. Setelah penyusunan video pembelajaran selesai dilanjutkan melakukan uji coba kepada mahasiswa-mahasiwa yang belum menempuh mata kuliah konstruksi jembatan dengan jumlah 40 peserta dan dilakukan didalam ruang kelas. Dari survey yang telah dilakukan dapat diketahui mahasiswa lebih paham dengan bantuan video animasi konstruksi jembatan dengan peningkatan sampai 20% yang dilihat dari banyaknya mahasiswa menjawab pertanyaan dengan benar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries141910301037;
dc.subjectALAT BANTUen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titlePENEGEMBANGAN ALAT BANTU MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI JEMBATANen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record