PENEGEMBANGAN ALAT BANTU MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI JEMBATAN
Abstract
Saat ini pembangunan infrastruktur di sejumlah wilayah semakin
meningkat hal ini guna memacu pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan
pembangunan antar wilayah. Maka dari itu untuk mendukung hal tersebut pemerintah
membutuhkan jasa dibidang konstruksi untuk menciptakan sebuah infrastuktur yang
baik. Sebagai pencetak insinyur-insinyur muda berkualitas tentunya setiap perguruan
tinggi telah menyiapkan strategi terbaiknya untuk mencetak calon-calon pelaku
konstruksi yang baik. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan mengasilkan
kualitas mahasiswa yang kompetitif. Teknologi 3D (3 Dimensi) merupakan teknologi
yang sedang berkembang dan banyak digunakan secara luas. Teknologi 3D
diciptakan untuk membantu memodelkan suatu objek secara virtual dalam komputer
kemudian mengolahnya. Tujuan dari skripsi ini adalah membuat pengembangan
media pembelajaran konstruksi jembatan dengan teknologi 3D guna mempermudah
mahasiswa dalam memahami bagian-bagian dari jembatan.
Hasil dari skripsi ini adalah video animasi pembelajaran konstruksi
jembatan, Dalam penyusunan video pembelajaran ini berdasarkan pada silabus
pembelajaran konstruksi jembatan. Inti yang dibahas didalam video adalah
mengenai pembebanan jembatan, tipe-tipe jembatan beserta detail bagiannya, dan
layout jembatan. Tipe tipe jembatan yang ditampilkan adalah jembatan beton,
jembatan rangka baja, jembatan lengkung, jembatan gantung, dan jembatan cable
stayed. Didalam video terdapat pula keterangan-keterangan mengenai detail
bagian jembatan berserta peraturan-peraturan yang digunakan dan penambahan
audio guna memperjelas isi dalam video. Video animasi pembelajaran konstruksi
jembatan ini dikembangankan dengan alat bantu pemodelan 3D yaitu Sketchup
dan editor video CorelVideoX6 guna membantu pengisian audio dan text pada
video. Setelah penyusunan video pembelajaran selesai dilanjutkan melakukan uji
coba kepada mahasiswa-mahasiwa yang belum menempuh mata kuliah konstruksi
jembatan dengan jumlah 40 peserta dan dilakukan didalam ruang kelas. Dari
survey yang telah dilakukan dapat diketahui mahasiswa lebih paham dengan bantuan video animasi konstruksi jembatan dengan peningkatan sampai 20% yang
dilihat dari banyaknya mahasiswa menjawab pertanyaan dengan benar.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]