Show simple item record

dc.contributor.authorNanik Catur Setioasih
dc.date.accessioned2013-12-12T07:16:09Z
dc.date.available2013-12-12T07:16:09Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM040210102208
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8587
dc.description.abstractData hasil observasi pada tanggal 03 Maret 2010 pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Mayang semester genap tahun pelajaran 2009/2010 menunjukkan hasil belajar siswa masih di bawah standar minimal kelulusan yaitu 6,5 untuk mata pelajaran fisika. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Mayang kelas VIII-B yang berjumlah 42 siswa terdiri atas 19 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki, ditemukan bahwa hanya 31 % siswa yang aktif atau sekitar 13 siswa dalam proses pembelajaran fisika. Hanya ada 4,7 % atau 2 siswa yang aktif bertanya pada guru, dan 26,3 % siswa hanya mendengarkan dan membaca buku pelajaran. Salah satu kendalanya adalah metode yang dipakai oleh guru adalah metode ceramah yang mengacu pada buku teks, serta kurangnya perhatian siswa ketika ada temannya memberikan pendapat, ini diakibatkan oleh ketidaknyamanan siswa dalam mengikuti poses pembelajaran. Faktor yang tak kalah pentingnya adalah model pembelajaran dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir menekankan kemampuan siswa untuk memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran. Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) terdiri dari 6 tahap pembelajaran., yaitu 1) Tahap Orientasi; 2) Tahap Pelacakan; 3) Tahap Konfrontasi; 4) Tahap Inkuiri; 5) Tahap Akomodasi; 6) Tahap Transfer. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1 Bagaimanakah Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) dalam meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Mayang Tahun Ajaran 2009/2010? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar fisika menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Mayang Tahun Ajaran 2009/2010? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mayang. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-B. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama digunakan Normalized Gain (NG) dan untuk yang kedua digunakan teknik persentase aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh NG untuk siklus 1 sebesar 0,76 yaitu kategori tinggi, dan untuk siklus 2 sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Analisis data untuk aktivitas siswa didapatkan 38,46% untuk pra-siklus, 80,75% untuk siklus 1, dan 94,76% untuk siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Penggunaan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara siswa mencari pemahaman akan objek, menganalisis, dan mengkontruksinya sehingga terbentuk pengetahuan baru dalam diri siswa. (2) Penggunaan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara memfokuskan siswa dalam proses dialogis yang dilakukan terus-menerus dengan memanfaatkan pengalaman siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102208;
dc.subjectHASIL BELAJAR, KONSEP PEMANTULAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (PKB)en_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP PEMANTULAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (PKB) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 MAYANG TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record