MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP PEMANTULAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (PKB) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 MAYANG TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Data hasil observasi pada tanggal 03 Maret 2010 pada siswa kelas VIII-B SMP
Negeri 2 Mayang semester genap tahun pelajaran 2009/2010 menunjukkan hasil belajar
siswa masih di bawah standar minimal kelulusan yaitu 6,5 untuk mata pelajaran fisika.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Mayang kelas VIII-B yang
berjumlah 42 siswa terdiri atas 19 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki, ditemukan
bahwa hanya 31 % siswa yang aktif atau sekitar 13 siswa dalam proses pembelajaran fisika.
Hanya ada 4,7 % atau 2 siswa yang aktif bertanya pada guru, dan 26,3 % siswa hanya
mendengarkan dan membaca buku pelajaran. Salah satu kendalanya adalah metode yang
dipakai oleh guru adalah metode ceramah yang mengacu pada buku teks, serta kurangnya
perhatian siswa ketika ada temannya memberikan pendapat, ini diakibatkan oleh
ketidaknyamanan siswa dalam mengikuti poses pembelajaran. Faktor yang tak kalah
pentingnya adalah model pembelajaran dan metode yang digunakan guru dalam proses
pembelajaran. Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir menekankan
kemampuan siswa untuk memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran. Model
Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) terdiri dari 6 tahap pembelajaran.,
yaitu 1) Tahap Orientasi; 2) Tahap Pelacakan; 3) Tahap Konfrontasi; 4) Tahap Inkuiri; 5)
Tahap Akomodasi; 6) Tahap Transfer. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1
Bagaimanakah Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) dalam
meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Mayang Tahun
Ajaran 2009/2010? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar fisika menggunakan Model
Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PKB) pada siswa kelas VIII-B SMP
Negeri 2 Mayang Tahun Ajaran 2009/2010?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tempat penelitian
dilaksanakan di SMP Negeri 2 Mayang. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-B.
Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Untuk
menjawab rumusan masalah yang pertama digunakan Normalized Gain (NG) dan untuk
yang kedua digunakan teknik persentase aktivitas belajar siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh NG untuk siklus 1 sebesar 0,76 yaitu kategori
tinggi, dan untuk siklus 2 sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Analisis data untuk aktivitas
siswa didapatkan 38,46% untuk pra-siklus, 80,75% untuk siklus 1, dan 94,76% untuk siklus
2. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Penggunaan Model Pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Berpikir (PKB) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara siswa
mencari pemahaman akan objek, menganalisis, dan mengkontruksinya sehingga terbentuk
pengetahuan baru dalam diri siswa. (2) Penggunaan Model Pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Berpikir (PKB) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara
memfokuskan siswa dalam proses dialogis yang dilakukan terus-menerus dengan
memanfaatkan pengalaman siswa.