Show simple item record

dc.contributor.authorWahjuni, Sri
dc.contributor.authorSuhartono, Suhartono
dc.contributor.authorKaryadi, Hari
dc.date.accessioned2018-06-08T02:14:06Z
dc.date.available2018-06-08T02:14:06Z
dc.date.issued2018-06-08
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85860
dc.description.abstractCorporate social responsibility merupakan program yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan. Program ini kan memungkinkan perusahaan untuk tidak teralineasi dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar perusahaan.Meningkatnya keuntungan pabrik gula harus diiringi dengan meningkatnya kesejahteraan karyawan pabrik gula, petani tebu, komunitas lokal dan terpeliharanya lingkungan yang asri, inilah esensi tanggung jawab sosial perusahaan, yang semestinya terjadi pula pada Pabrik Gula Jatiroto Lumajang (PTPN XI) dan Pabrik Gula Ngadirejo Kediri yang dikelola oleh PTPN X. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyusun kerangka teori baru di bidang business policy dan busniess ethics sehingga akan memberikan kontribusi besar pada pengembangan keilmuan keduanya. Selain itu, manfaat praktisnya adalah kajian-kajiannya dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dan masyarakat untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraannya. Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara mendalam (in-depth interview), dan dokumentasi. Metode analisis data digunakan menggunakan perspektif fenomenologis. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan beberapa hal, yaitu (1) Program CSR merupakan program strategis yang menjadi domain keputusan tingkat korporasi (PTPN) bukan pada tingkat unit bisnis (Pabrik Gula); (2) Program PKBL sebagai wujud dari tanggung jawab sosial BUMN juga tidak dapat diterapkan pada tingkat unit bisnis tetapi pada tingkat korporasi; (3) Strategi CSR tidak dapat dilekatkan pada perumusan strategi pabrik gula tetapi akan terjadi pada tingkat korporasi (PTPN); (4) Kontribusi penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat Pabrik Gula keputusan strategis tidak dapat dilakukan sehingga operasionalisasi CSR juga tidak optimal dilakukan karena wewenang untuk itu pada tingkat PTPN.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCorporate Social Responsibilityen_US
dc.subjectPabrik Gulaen_US
dc.subjectBusiness Policyen_US
dc.subjectBusiness Ethicsen_US
dc.titleIMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN: IMPLIKASINYA PADA MODEL PENGEMBANGAN STRATEGI PERUSAHAAN DIMASA DEPANen_US
dc.typePosteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record