• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-The Research
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANCANGAN SISTEM E-COMMERCE PADA INDUSTRI TERASI MENGGUNAKAN METODE STRUCTURE ANALYSIS AND DESIGN TECNIQUE (SADT) GUNA MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK (STUDI KASUS : INDUSTRI TERASI PAYANGAN)

    Thumbnail
    View/Open
    F. IK_Lap. Pen_Yanuar N_Perancangan Sistem E-Commerce.pdf (1.794Mb)
    Date
    2018-06-08
    Author
    Nurdiansyah, Yanuar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem E-Commerce pada industri terasi dirancang untuk meningkatkan pemasaran produk dan branding terasi payangan. Terasi produksi kelompok Usaha Bersama (KUB) dan Kelompok Pengolah Pemasaran (Poklahsar), yang terdiri dari beberapa gabungan kerjasama industri rumah tangga belum berhasil mendapatkan angka penjualan terhadap produknya seperti yang di harapkan. Untuk jenis terasi olahan sendiri memiliki beberapa varian diantaranya terasi matang, terasi mentah serta terasi bubuk yang merupakan hasil pengembangan dari riset group Kemaritiman Universitas Jember. Di dalam penelitian ini peneliti ingin meningkatkan pemasaran dan penetrasi pasar dan transaksi secara online. Karena selama ini pemasaran terasi belum tersistem dan belum ada nya pengenalan secara luas, sehingga masyarakat luar wilayah Payangan tidak mengetahui adanya produksi terasi tersebut dan akibat nya banyak terasi di wilayah Payangan yang diambil oleh daerah lain dan dilabeli dengan merek dagang lain. Pangsa pasar yang ingin dituju adalah pasar nasional dan international terutama untuk produk unggulan group maritim yakni terasi bubuk yang merupakan karya inovasi terbaru. Pangsa pasar yang dituju dalam pemasaran terasi umumnya sangat mudah ditemukan di dunia maya dan mereka umumnya menggunakan akses internet sendiri dan sering menggunakan jasa internet dalam aktivitas. Tentu saja hal ini sangat memungkinkan penambahan angka penjualan dan menurunkan biaya pemasaran dengan cara mengoptimalkan dunia bisnis di dunia internet. Industri terasi Payangan harus bisa menjangkau pasar yang ada di dunia maya untuk pelanggan baru dan berkomunikasi secara online dengan pelanggan yang telah ada. Untuk melakukan hal tersebut harus membuat perancangan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan Structured Analysis and Design Technique (SADT) untuk membangun sebuah aplikasi e- commerce. Aplikasi e-commerce Terasi Payangan dibuat layaknya e-commerce pada umumnya seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sebagainya. Dirancang dengan sistem antarmuka yang mudah dipahami baik oleh penjual maupun pembeli. Diharapkan aplikasi e-commerce ini mampu meningkatkan penjualatan terasi Payangan dan dapat menjangkau konsumen lebih luas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85854
    Collections
    • LSP-The Research [168]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository