dc.description.abstract | Kesantunan berbahasa merupakan suatu sikap santun dalam bertutur.
Kesantunan dalam tuturan digunakan setiap aspek pembelajaran, seperti dalam proses
pembelajaran di kelas 1. Tuturan dalam proses pembelajaran di kelas 1 pada saat
pembelajaran tentunya siswa memperhatikan aspek-aspek kesantunan.
Analisis kesantunan berbahasa dalam penelitian ini berupa serangkaian prosedur
yaitu: pengumpulan segmen tutur dari rekaman percakapan, pengenalan perihal
kesantunan, pengklasifikasi skala, fungsi, dan strategi dari kesantunan tuturan.
Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan dari penelitian ini meliputi: 1)
bagaimanakah kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo
dalam proses pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff?, 2) bagaimanakah
fungsi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam
proses pembelajaran?, 3) bagaimanakah strategi kesantunan berbahasa Indonesia
siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?.
Tujuan penelitian ini ialah mendiskripsikan hasil temuan yang berupa, 1)
Kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses
pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff, 2) Fungsi kesantunan berbahasa
Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran, 3) strategi
kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses
pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian pragmatig. Metode pengumpulan data yang dipilih adalah simak
catat. | en_US |