• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS I DI SMP NEGERI 3 SILO DALAM PROSES PEMBELAJARAN

    Thumbnail
    View/Open
    Eko Setyo Budi - 120210402091.pdf SDH.pdf (711.4Kb)
    Date
    2018-06-06
    Author
    Budi, Eko Setyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesantunan berbahasa merupakan suatu sikap santun dalam bertutur. Kesantunan dalam tuturan digunakan setiap aspek pembelajaran, seperti dalam proses pembelajaran di kelas 1. Tuturan dalam proses pembelajaran di kelas 1 pada saat pembelajaran tentunya siswa memperhatikan aspek-aspek kesantunan. Analisis kesantunan berbahasa dalam penelitian ini berupa serangkaian prosedur yaitu: pengumpulan segmen tutur dari rekaman percakapan, pengenalan perihal kesantunan, pengklasifikasi skala, fungsi, dan strategi dari kesantunan tuturan. Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan dari penelitian ini meliputi: 1) bagaimanakah kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff?, 2) bagaimanakah fungsi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?, 3) bagaimanakah strategi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?. Tujuan penelitian ini ialah mendiskripsikan hasil temuan yang berupa, 1) Kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff, 2) Fungsi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran, 3) strategi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pragmatig. Metode pengumpulan data yang dipilih adalah simak catat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85841
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository