KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS I DI SMP NEGERI 3 SILO DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstract
Kesantunan berbahasa merupakan suatu sikap santun dalam bertutur.
Kesantunan dalam tuturan digunakan setiap aspek pembelajaran, seperti dalam proses
pembelajaran di kelas 1. Tuturan dalam proses pembelajaran di kelas 1 pada saat
pembelajaran tentunya siswa memperhatikan aspek-aspek kesantunan.
Analisis kesantunan berbahasa dalam penelitian ini berupa serangkaian prosedur
yaitu: pengumpulan segmen tutur dari rekaman percakapan, pengenalan perihal
kesantunan, pengklasifikasi skala, fungsi, dan strategi dari kesantunan tuturan.
Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan dari penelitian ini meliputi: 1)
bagaimanakah kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo
dalam proses pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff?, 2) bagaimanakah
fungsi kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam
proses pembelajaran?, 3) bagaimanakah strategi kesantunan berbahasa Indonesia
siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran?.
Tujuan penelitian ini ialah mendiskripsikan hasil temuan yang berupa, 1)
Kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses
pembelajaran berdasarkan prinsip Robin T Lakoff, 2) Fungsi kesantunan berbahasa
Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses pembelajaran, 3) strategi
kesantunan berbahasa Indonesia siswa kelas I di SMP Negeri 3 Silo dalam proses
pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian pragmatig. Metode pengumpulan data yang dipilih adalah simak
catat.