PENINGKATAN UNJUK KERJA MOTOR BENSIN DENGAN PENAMBAHAN CAMPURAN LPG-UDARA
Abstract
Torsi maksimum tertinggi dicapai oleh variasi LPG-udara 20 ml/menit
dengan nilai torsi sebesar 6,32 N.m dicapai pada putaran mesin 5000 rpm
atau meningkat 8.28% dibandingkan dengan kondisi mesin standart.
Daya efektif maksimum tertinggi dicapai oleh variasi LPG-udara 20 ml/menit
dengan nilai daya efektif sebesar 5,73 HP dicapai pada putaran mesin 7000
rpm atau meningkat 8,73% dibandingkan dengan kondisi mesin standart.
Fuel Consumption (FC) rata-rata terendah dicapai oleh variasi LPG-udara 30
ml/menit dengan nilai FC rata-rata sebesar 0,68 kg/jam atau lebih irit 5,9%
dibandingkan dengan kondisi mesin standart.
Penurunan kadar emisi gas buang terbaik dicapai oleh variasi LPG-udara 30
ml/menit dengan kadar karbon monoksida (CO) sebesar 0,24% dan
hidrokarbon (HC) sebesar 763 ppm, atau penurunan CO sebesar 22,58% dan
HC sebesar 9,17% dibandingkan dengan kondisi standart.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]