Show simple item record

dc.contributor.authorBAYU WIDIYANTO
dc.date.accessioned2013-12-12T07:06:44Z
dc.date.available2013-12-12T07:06:44Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204318
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8579
dc.description.abstractTujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Interaktif dengan media miniatur mata pelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. 2) untuk meningkatkan ketuntasan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Interaktif dengan media miniatur pada siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain dari penelitian ini adalah model Kemmis Mc Taggart melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 2 orang observer jadi jumlah observer keseluruhan adalah 3 observer dengan rincian observer 1 (guru yang mengajar) meneliti hasil belajar siswa, observer 2 (rekan peneliti) meneliti hasil belajar siswa dan observer 3 meneliti aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui hasil belajar siswa penilaian afektif, diketahui pada siklus 1 persentase yang diperoleh mencapai sebesar 73,3% sedangkan pada siklus 2 persentase yang diperoleh mencapai 86,6%, dari hasil tersebut tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,3%. Untuk persentase hasil belajar siswa penilaian psikomotor diketahui pada siklus 1 persentase yang diperoleh mencapai sebesar 70% sedangkan pada siklus 2 persentase yang diperoleh mencapai 83,3%, dari hasil tersebut tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,3%. Persentase hasil belajar siswa penilaian kognitif pada siklus 1 sebesar 66,66%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus 2 mencapai 86,66%. Dari hasil tersebut menunjukkan persentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 20%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Media Miniatur Untuk Peningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas III SDN Kemuning Lor 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Sebagai saran penerapan model Interaktif dengan media miniatur dapat digunakan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204318;
dc.subjectInteraktif, Media Miniatur, Hasil Belajar IPAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA MINIATUR UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SDN KEMUNING LOR 02 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record