• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA MINIATUR UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SDN KEMUNING LOR 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (111.1Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    BAYU WIDIYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Interaktif dengan media miniatur mata pelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. 2) untuk meningkatkan ketuntasan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Interaktif dengan media miniatur pada siswa kelas III SDN Kemuning Lor 02 materi mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain dari penelitian ini adalah model Kemmis Mc Taggart melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 2 orang observer jadi jumlah observer keseluruhan adalah 3 observer dengan rincian observer 1 (guru yang mengajar) meneliti hasil belajar siswa, observer 2 (rekan peneliti) meneliti hasil belajar siswa dan observer 3 meneliti aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui hasil belajar siswa penilaian afektif, diketahui pada siklus 1 persentase yang diperoleh mencapai sebesar 73,3% sedangkan pada siklus 2 persentase yang diperoleh mencapai 86,6%, dari hasil tersebut tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,3%. Untuk persentase hasil belajar siswa penilaian psikomotor diketahui pada siklus 1 persentase yang diperoleh mencapai sebesar 70% sedangkan pada siklus 2 persentase yang diperoleh mencapai 83,3%, dari hasil tersebut tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,3%. Persentase hasil belajar siswa penilaian kognitif pada siklus 1 sebesar 66,66%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus 2 mencapai 86,66%. Dari hasil tersebut menunjukkan persentase hasil belajar siswa meningkat sebesar 20%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Media Miniatur Untuk Peningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas III SDN Kemuning Lor 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Sebagai saran penerapan model Interaktif dengan media miniatur dapat digunakan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8579
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository