dc.description.abstract | Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar
siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa,
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan data
yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa dalam
pembelajaran PKn pada kelas III SDN Plalangan 02 Jember, model, strategi,
dan metode pembelajaran yang digunakan masih belum optimal. Perlu adanya
variasi dalam menerapkan model pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar
siswa dapat meningkat. Berkaitan dengan masalah yang timbul tersebut,
permasalahan akan diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang
diharapkan mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan antusias, sehingga diharapkan pembelajaran menjadi bermakna dan berdampak pada
hasil belajar siswa yang memuaskan. Salah satu model pembelajaran tersebut
adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema harga diri di SDN
Plalangan 02 Jember semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian
yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri
dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan
dokumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
pencapaian skor aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal. Pencapaian
skor aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 45,31 (cukup aktif) meningkat
menjadi 65,80 (aktif) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79,34 (sangat
aktif) pada siklus II. Pencapaian skor hasil belajar siswa prasiklus sebesar
45,83 (kurang baik) meningkat menjadi 67,42 (cukup baik) pada siklus I dan
meningkat menjadi 79,42 (baik) pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian,
dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a
match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |